Sabtu, 21 September 2024

Nostalgia ala Krakatau Reunion

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Penampilan Krakatau Reunion di Grand City Surabaya, Sabtu (7/1/2017) malam. Foto: Totok suarasurabaya.net

Krakatau Reunion benar-benar mengajak Keluarga Krakatau bernostalgia ke era tahun 80 dan 90-an. Konser perdana mereka setelah launching album Chapter One, sukses membuat seribu penggemarnya bernostalgia bersama di Grand City Surabaya, Sabtu (7/1/2017) malam.

“Dua tahun lalu saat tampil di Jazz Traffic Festival, di tempat ini, kami berjanji merilis konser perdana di sini, dan malam ini semua itu bisa terwujud,” kata Trie Iie Utami, sang vokalis.

Pada kesempatan ini, Krakatau Reunion membawakan 22 lagu dari seluruh album mereka. Beberapa lagu andalan dari album teranyar mereka “Chapter One” juga turut dibawakan.

Reuni kali ini dimulai dengan lagu berjudul Kembali Satu yang merupakan lagu dari album “Kembali Satu” yang mereka rilis pada tahun 1999. Kemudian dilanjutkan sebuah lagu berjudul “Imaji” yang berasal dari First Album (1985) mereka.

“Bagi adik-adik yang lahir di akhir 80-an dan awal 90-an, inilah lagu-lagu yang dulu diputar di kamar-kamar kos ayah ibu kalian,” kata Iie, panggilan Trie Iie Utami yang lantas disambut gemuruh sorak penonton.

Dengan formasi lengkap Trie Utami pada vokal, Dwiki Darmawan dan Indra Lesmana (keyboard), Gilang Ramadhan (drum), Pra Budi Darma (bas) serta Donny Surendra (gitar), Krakatau membawakan lagu-lagu yang pernah tenar di eranya, seperti “La Samba Sang Primadona”, “Imaji”, “Di Sekitar Kita”, “Kembali Satu” serta beberapa lagu andalan lainnya.

Lagu andalan dari album terakhir yang berjudul “Aku, Kamu dan Kita” juga mencoba mereka kenalkan kepada para penggemar mereka. Lagu ini, merupakan ciptaan pertama setelah Krakatau kembali bersatu dengan
format Reunion. “Tepatnya 2015, kami bersepakat berkumpul di Bali dan jadilah lagu Aku, Kami dan Kita,” ujar Iie.

Dengan mengenakan pakaian serba hitam dengan rambut dibiarkan terurai, Iie membawakan lagu yang rata-rata bernada tinggi dengan enerjik dan kualitas vokalnya tetap terjaga.

Penampilan malam ini, merupakan yang pertama setelah mereka sukses me-launching album terbaru mereka dalam format Krakatau Reunion dengan formasi lengkap, setelah cukup lama mereka saling berpisah.

Bagi Krakatau, ujar penyanyi mungil asal Bandung ini, Surabaya tidak bisa dilupakan. Sebab pada akhir 80an mereka pernah menggelar konser akbar di gedung pertunjukan Go Skate, Jalan Embong Malang. “Siapa yang
dulu lihat kami di Go Skate. Atau mungkin saat itu kalian masih SMA. Dan malam ini, kalian menjadi saksi sejarah Krakatau Reunion kembali,” kata Trie.

Sementara itu, ratusan penonton yang menyaksikan konser kali ini, rata-rata juga terlarut dan ikut menyanyikan beberapa lagu yang dibawakan Krakatau Reunion. Apalagi jika lagu tersebut merupakan lagu yang populer di eranya seperti “Kau Datang” dari album Kembali Satu; kemudian “Imaji”; “Kemelut”; serta “La Samba Primadona” dari Second Album Krakatau.

Di akhir konser kali ini, Iie tetap berharap bisa kembali manggung di Surabaya di tahun-tahun mendatang dengan formasi lengkap.

Sekilas tentang album Chapter One

Di tengah sederet aktivitas para personelnya, Krakatau Reunion berjuang mewujudkan rekaman album baru pada Desember 2014, dengan mengambil basis workshop di Bali. Selama sepekan, enam personel Krakatau
Reunion membawa konsep karya lagu masing-masing yang lantas dibahas barsama di tiga tempat berbeda yaitu di Hotel Chedy, Tanjung Benoa; di home studio Indra Lesmana di Sanur serta di home studio Trie Utami di Batubulan, Gianyar, Bali.

Chapter One berisi 11 komposisi baru, beberapa diantaranya memilliki nuansa dan karakteristik fusion band Krakatau lama seperti pada lagu “Aku Kamu Kita” yang sangat kental fusion pop-nya, dan paling nyaman dibawakan Trie Utami.

Komposisi ini menjadi first single, banyak yang berharap bisa menjadi lokomotif penjualan Chapter One, baik dalam bentuk fisik CD maupun digital iTunes yang sudah mulai bisa diakses pada 16 Desember lalu.

“Aku Kamu Kita” merupakan lagu yang sangat mudah untuk mengingatkan pada Krakatau lama dari Krakatau First Album (1985) atau Krakatau Second Album (1987), Mini Album Krakatau (empat lagu dengan hit “Kau Datang”, 1989) dan Krakatau Kembali Satu (1999).(fik/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
26o
Kurs