Minggu, 26 Mei 2024

PM Jepang Bawa 30 Pimpinan Perusahaan Raksasa ke Indonesia

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi.

Shinzo Abe Perdana Menteri Jepang, hari ini Minggu (15/1/2017) akan berkunjung ke Indonesia.

Tamu negara itu akan diterima Joko Widodo Presiden, di Istana Bogor, sore nanti dengan upacara kenegaraan.

Setibanya di Istana Bogor tamu negara itu akan disambut barisan Bhinneka Tunggal Ika, yang menggambarkan keberadaan kerajaan nusantara di masa lalu.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengatakan, PM Jepang itu akan membawa rombongan 30 Chief Executive Officer (CEO) perusahaan besar.

CEO ini berlatar belakang dari berbagai bidang diantaranya bidang perbankan, industri, properti, konstruksi, energi, manufaktur, dan transportasi.

Karena ada 30 CEO perusahaan besar yang dibawa PM Abe, maka isu ekonomi mendapat porsi terbesar pembahasan kedua pimpinan negara.

Beberapa isu bidang ekonomi dan maritim yang akan menjadi perhatian antara lain kerja sama di bidang infrastruktur, kerja sama di bidang upaya peningkatan kolektivitas serta investasi di bidang maritim.

Investasi Jepang ke Indonesia pada Januari sampai September 2016 mencapai sekitar US$ 4.498 juta dan mengalami peningkatan.

Produk pasar Indonesia di Jepang meliputi kayu lapis, produk tekstil, mesin. Tahun 2016 jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia mencapai 474.116 orang.

Selain ekonomi, juga akan dibahas isu politik serta isu keadaan situasi kawasan global seperti konsolidasi geopolitik, administrasi baru AS, Brexit hingga keamanan di kawasan, termasuk menghangatnya tensi di Semenanjung Korea, kata Menlu dalam siaran pers Sabtu (14/1/2017) malam. (jos/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs