Kamis, 28 Maret 2024

Peringati Ulang Tahun, Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Grahadi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ratusan buruh dari FSPMI tiba di Grahadi untuk memperingati HUT ke 18 organisasi itu, Senin (6/2/2017). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur memperingati hari ulang tahun ke 18 tahun kelahiran organisasi mereka dengan cara berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Membawa aneka poster dan spanduk, massa tiba di Grahadi sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (6/2/2017) setelah sebelumnya mereka melakukan aksi jalan kaki dari Bundaran Waru.

Meski dalam rangka ulang tahun, namun massa tetap membawa aneka tuntutan. “Kami tetap menolak penggunaan PP 78 tentang pengupahan karena selama ini PP 78 terbukti dijadikan tameng bagi pengusaha dan pemerintah untuk menetapkan upah murah,” kata orator aksi.

Selain itu, massa juga mendesak pemerintah membatalkan rencana merevisi Undang-undang nomor 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan yang di dalamnya rencananya akan menghilangkan poin kewajiban pemberian pesangon bagi buruh yang telah pensiun.

Sementara itu, meski hujan cukup lebat, namun tetap tak menyurutkan massa aksi untuk terus berorasi bergantian.

Jalan Gubernur Suryo sendiri terpaksa harus ditutup separuh karena digunakan unjuk rasa. Sebagian pengguna jalan terpaksa juga diputar ke Taman Apsari belakang patung Gubernur Suryo. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs