Minggu, 19 Mei 2024

Piala Adipura, Sidoarjo dan Malang Gelar Kirab

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Kabupaten Sidoarjo saat memperoleh Piala Adipura tahun 2016 lalu juga dikirab. Foto: sidoarjoterkini

Kota Surabaya mendapat penghargaan Piala Adipura Kencana, sedangkan Kabupaten Sidoarjo mendapat Piala Adipura. Piala tersebut diserahkan oleh Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Darmin Nasution Menko Perekonomian di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (02/08/2017) yang disaksikan Joko Widodo Presiden RI.

Piala Adipura yang diterima Kabupaten Sidoarjo akan dikirab mengelilingi jalan protokol kota Sidoarjo menuju kantor Pemkab Sidoarjo, Kamis (3/8/2017) pagi ini.

AKP I Gusti Made Merta Wakasatlantas Polresta Sidoarjo mengatakan, kirab yang diikuti sekitar 200 orang ini akan dimulai pukul 08.00 WIB dimulai dari Jalan Jenggolo depan SMA 1 Sidoarjo.

“Sejak pukul 06.00 WIB tadi pengamanan di jalur yang akan dilalui peserta kirab sudah disiapkan. Total ada 145 personel kepolisian juga akan berjaga di simpul-simpul jalan,” kata Made Merta pada Radio Suara Surabaya.

Jalur yang akan dilalui peserta kirab, kata dia, di antaranya Jalan Raya Jenggolo-Ahmad Yani-Yos Sudarso-Pasar Larangan-Diponegoro-Simpang Empat Babalayar-Pemkab Sidoarjo.

“Waktu kegiatan dimulai, arus lalu lintas dari jalur protokol Buduran masuk kota dialihkan ke jalur cepat. Untuk kendaraan yang lewat di jalur lambat akan kita hentikan dulu,” ujar dia.

Kota Malang yang juga meraih penghargaan Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri untuk tiga sekolah. Piala Adipura Kencana dan penghargaan Adiwiyata Mandiri tersebut dikirab dari rumah dinas wali kota di Jalan Ijen menuju Balai Kota Malang di Jalan Tugu, Kamis (3/8/2017).

Kirab piala tersebut akan diiringi berbagai genre musik, terutama tradisional seperti patrol, puluhan becak hias, miniatur kampung-kampung ikonik (tematik), yakni Kampung Warna Warni, 3G dan 3D, dan Kampung Glintung sebagai percontohan sumur injeksi. (dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs