Minggu, 19 Mei 2024

Pimpinan GNPF MUI Diperiksa Polda Metro Jaya Soal Dugaan Makar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kawat berduri terpasang di depan pintu gerbang Mapolda Metro Jaya, sebagai langkah pengamanan unjuk rasa massa ormas Islam mendukung Pimpinan GNPF MUI yang diperiksa soal kasus makar, Rabu (1/2/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Polda Metro Jaya hari ini akan memeriksa tiga orang pimpinan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI).

Muhammad Rizieq Shihab, Bachtiar Nasir dan Munarman, akan diperiksa sebagai saksi dugaan pemufakatan makar, dengan tersangka Sri Bintang Pamungkas.

Kata Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Metro Jaya, ketiga tokoh GNPF MUI itu rencananya diperiksa pukul 10.00 WIB.

Dalam kasus ini, penyidik sudah memeriksa sekitar 50 saksi. Kombes Argo Yuwono menambahkan, kalau sudah rampung, berkas perkara itu segera dilimpahkan ke Kejaksaan.

Sementara itu, aparat kepolisian dan TNI sudah menjaga ketat depan pintu gerbang Mapolda Metro Jaya yang dipasangi kawat berduri.

Kendaraan taktis polisi, serta pasukan Polwan dan Korps Wanita Angkatan Darat berhijab, terpantau sudah siap mengawal unjuk rasa.

Berdasarkan izin yang diajukan ke Polda Metro Jaya, unjuk rasa akan dikuti sekitar 2 ribu orang dari berbagai ormas Islam.

Rencananya, massa akan jalan beriringan dari Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan menuju Mapolda Metro Jaya, yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. (rid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
30o
Kurs