Minggu, 5 Mei 2024

Prestasi Internasional Direbut Mahasiswa ITS di Rumania

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perwakilan mahasiswa ITS saat di Rumania. Foto: Humas ITS Surabaya

Enam mahasiswa Departemen Desain Produk Industri ITS Surabaya yang tergabung dalam LZY Visual rebut juara diajang Video-Maping Internasional, Light Up Festival Romania di Iasi, Rumania.

Keenam mahasiswa tersebut adalah Esa Perkasa Novesada, Mohammad Edo Barudy, Akbar Maulana S, Haris Wiratina, Tedi Mursalat, dan Dwi Prasetyo. Keenamnya merupakan mahasiswa Desain Visual Komunikasi yang berada di bawah Departemen Desain Produk Industri (Despro).

Kompetisi yang dihelat oleh perusahaan IULIUS ini merupakan suatu kompetisi video mapping skala internasional. Video mapping ini merupakan teknologi proyeksi yang menggunakan bangunan sebagai layar display untuk video.

Pada kompetisi ini peserta harus melakukan pemetaan visual interaktif dengan objek bangunan yang digunakan dalam lomba ini yaitu Palace of Culture di Lasi. “Juli lalu, kami sudah mengirimkan video demo berdurasi 30 detik berjudul Mysterious Egg,” ujar Esa Perkasa Novesada, ketua tim LZY Visual.

Karya mahasiswa ITS ini lolos ke babak final bersanding dengan lima tim lain yang berasal dari tuan rumah Rumania, Ukraina, Jerman, serta Prancis.

Tidak hanya video demo, lanjut Esa peserta juga diharuskan mencantumkan deskripsi singkat serta konsep yang diajukan dalam skenario video-mapping tersebut.

“Babak penyisihan ini cukup ketat. Beberapa poin yang dinilai adalah konten, kreativitas, teknik visualisasi, serta pesan yang dibawa. Kami berusaha memenangkan hati juri dengan membawa ciri khas Indonesia,” kata Esa.

Ditanya mengenai detail konsep, Esa menuturkan bahwa semua terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. Mengangkat judul Mysterious Egg, video Esa bersama timnya mencoba menarasikan tentang kemampuan tiap pribadi manusia dalam mengendalikan dan mengubah dunia. “Kata telur di sini menggambarkan titik mula perjalanan seorang insan manusia,” tutur Esa.

Intinya, lanjut Esa, semua manusia dilahirkan dalam keadaan yang suci, terlambang dengan kemilau cahaya berwarna putih. Namun pada akhirnya semua bergantung pada energi positif dan negatif yang memengaruhinya.

“Apabila manusia dipengaruhi energi positif maka dunia akan indah dan damai dibuatnya. Begitu pula sebaliknya, jika lebih banyak energi negatif yang mempengaruhi, maka hanya kerusakan dan kehancuran yang ada,” papar Esa lagi.

Dari hal itulah kemudian muncul cahaya baru bernama kecerdasan. Tim yang juga menggondol emas dalam ajang Pimnas 28 ini mencoba menjabarkan bahwa kecerdasan di sini tidak hanya kecerdasan otak, namun juga kecerdasan spiritual. Akumulasi dari semua energi positif itu nantinya akan menumbuhkan rasa empati pada dunia dan lingkungan.

Kemudian dari empati tersebut hadirlah peradaban yang berkebudayaan dan berkarakter. “Pada kesempatan ini budaya yang kami bawakan adalah kesenian Barong Bali, topeng Malangan, batik, serta kapal selam ikonik Pasopati 410 dari Surabaya,” kata Esa.

Cahaya, pengetahuan, dan empati. Tiga pesan itulah yang coba dirangkum oleh Esa dan tim dalam video yang berdurasi lima menit tersebut. Seminggu sebelum keberangkatan ke Rumania, tim LZY juga telah berhasil meraih juara 1 nasional di ajang Ultigraph 2017.

Hasil dari juara di ajang nasional ini dijadikan bahan evaluasi dan pembelajaran hingga akhirnya mereka dapat juara tiga tingkat internasional di Rumania. Di malam final, video karya para finalis kemudian disiarkan dan disaksikan secara langung oleh 15 juta penonton serta live streaming di acara televisi Rumania.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs