Kamis, 16 Mei 2024

UEA Siap Perkeras Sanksi Kepada Qatar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Qatar Airways salah satu pihak pertama yang terkena dampak langsung krisis diplomatik Arab-Qatar. Foto: Reuters

Seorang pejabat senior Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan aksi-aksi hukuman kepada Qatar berikutnya, termasuk penutupan bisnis, siap ditempuh menyusul sengketa diplomatik dengan negara tetangganya yang jauh lebih kuat itu.

“Apa yang kami harapkan adalah langkah kami memberi rasa pada para pembuat kebijakan di Qatar tatkala mereka melihat seluruh kepentingannya tidak merusak tetangga-tetangganya,” kata Anwar Gargash Menteri Luar Negeri UEA kepada Reuters dalam sebuah wawancara seperti dilansir Antara.

Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang dituduh mendukung para militan islamis dan Iran. Qatar menolak mentah-mentah tudingan mendukung terorisme.

Gargash mengharapkan langkah sanksi berikutnya tidak diperlukan, namun negaranya tak akan mengesampingkan langkah-langkah mengenakan sanksi tambahan.

“Kita berharap kepala dinginlah yang menang, bahwa kebijaksanaan yang menang, sehingga tidak perlu sampai mengambil langkah itu,” kata dia.

Gargash menyatakan Qatar mesti memiliki tekad sangat kuat untuk mengubah kebijakannya sebelum memulai perundingan untuk mengatasi krisis diplomatik terbesar di Teluk dalam beberapa tahun terakhir itu. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs