Jumat, 19 April 2024

Umat Budha di Surabaya Gelar Persembahyangan Waisak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat setelah mengelilingi vihara, memanjatkan doa bagi Sang Budha yang naik ke nirwana. Foto: totok suarasurabaya.net

Umat Budha di kota Surabaya, Kamis (11/5/2017) menggelar persembahyangan Waisak di Vihara Budhayana.

Sejak pukul 08.00 umat Budha di kota Surabaya memenuhi sejumlah vihara, diantaranya di vihara Budhayana di kawasan Putat Gede. Umat terus berdatangan untuk mempersiapkan diri mengikuti perayaan Waisak.

“Hari ini kami menggelar persembahyangan Tri Hari Suci Waisak. Persembahyangan hari ini adalah puncak dari seluruh rangkaian persembahyangan Waisak yang sudah kami gelar beberapa waktu sebelumnya,” terang Valencia Fany Ketua Pemuda Pemudi Vihara Budhayana Surabaya.

Sebelum persembahyangan hari ini, umat sudah menggelar sembahyang memandikan sang Gautama yang diikuti seluruh umat dan juga dilakukan di vihara Budhayana.

“Upacara memandikan sang Gautama juga dilaksanakan sebelum hari ini. Upacara tersebut juga menjadi bagian yang selalu digelar menjelang puncak Waisak,” tambah Valencia.

Sementara itu sebelum pelaksanaan persembahyangan Waisak hari ini umat melakukan pradaksina atau berjalan mengelilingi vihara Budhayana sebagai bentuk pensucian.

Sambil memanjatkan puja dan puji, umat membawa bunga Sedap Malam dan hio berjalan dipimpin Romo Pandita mengelilingi halaman dalam vihara.

Aroma hio yang wangi memenuhi halaman serta bagian dalam vihara. “Setelah melakukan keliling vihara, umat berdoa bersama mengucapkan rasa syukur bagi Sang Budha,” pungkas Valencia.(tok/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs