Kamis, 25 April 2024

Badak Putih Jantan Terakhir Meninggal Dunia

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Salah satu badak putih Utara yang hanya tersisa tiga ekor di dunia. Foto: olpejetaconservancy.org

Badak putih utara berkelamin jantan terakhir di dunia yang diberi nama Sudan telah meninggal, menyisakan dua badak putih betina yang hidup di dunia, pejabat konservasi Kenya mengumumkan.

Menurut petugas berwenang, Sudan, yang dikenal sebagai “raksasa lembut” dan tinggal di Ol Pejeta Conservancy di Kenya, dieuthanisasi setelah kondisinya memburuk.

Sudan telah menjadi bagian dari upaya menyelamatkan subspesies dari kepunahan.

“Dia adalah duta besar untuk spesiesnya dan akan diingat untuk pekerjaan yang dia lakukan. Untuk meningkatkan kesadaran tentang penderitaan yang dihadapi bukan hanya badak tetapi juga ribuan spesies lain yang menghadapi kepunahan sebagai hasil aktivitas manusia yang tidak berkelanjutan,” ujar Richard Vigne CEO Ol Pejeta.

Antara melansir, Sudan menarik ribuan pengunjung dan terdaftar sebagai “Bujangan Paling Berkualitas di Dunia,” pada aplikasi kencan Tinder dalam upaya penggalangan dana untuk membayar perawatan kesuburan sebesar 9 juta dolar AS.

Ol Pejeta mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan material genetik Sudan dan ini dapat digunakan dalam upaya untuk mereproduksi badak putih utara.

“Satu-satunya harapan untuk pelestarian sub-spesies ini sekarang terletak pada pengembangan teknik fertilisasi in vitro menggunakan telur dari dua betina yang tersisa, yang menyimpan air mani badak putih dari jantan dan pengganti perempuan badak putih selatan,” kata Ol Pejeta dalam sebuah pernyataan.

Menurut kelompok konservasi, permintaan cula badak untuk pengobatan tradisional China di Asia dan bahan pembuatan belati di Yaman menyapu bersih populasi badak putih di Uganda, Republik Afrika Tengah, Sudan dan Chad.

Pada 2008, badak putih utara dianggap punah di alam liar. Tanduk badak putih bisa mencapai nilai 50.000 dolar AS per kilo, membuatnya lebih berharga dari pada emas.

Sementara masih ada badak putih selatan di Afrika sub-Sahara, perburuan telah secara drastis memangkas jumlah badak kulit putih di utara. (ant/ino)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs