Rabu, 17 April 2024

Besok Stasiun Ruang Angkasa Milik Cina Masuki Atmosfer Bumi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Purwarupa stasiun ruang angkasa pertama milik China Tiangong-1 (Istana Surgawi-1). Foto: Xinhua

Berdasarkan pernyataan badan antariksa China, Minggu (1/4/2018), purwarupa stasiun ruang angkasa China, Tiangong-1, akan memasuki atmosfer Bumi pada suatu titik di hari Senin besok (2/4/2018). Meski demikian, lembaga itu tidak menentukan waktu tepat pesawat ruang angkasa tersebut akan memasuki atmosfer bumi.

Dilansir kantor berita Reuters, sejauh ini belum diketahui pasti di mana puing-puing Tiangong-1 akan mendarat. Meskipun begitu banyak ahli percaya banyak bagian dari pesawat ruang angkasa tersebut akan terbakar selama masuk memasuki atmosfer bumi.

Pihak Pemerintah China di Beijing pada Jumat (30/3/2018) mengatakan bahwa tidak mungkin ada potongan besar yang akan mencapai tanah.

Sementara itu, badan antariksa Korea Selatan melaporkan melalui laman Internet pada Minggu (31/3/2018), bahwa purwarupa stasiun luar angkasa pertama China itu diperkirakan akan memasuki atmosfir antara pukul 05:12 hingga 13:12 siang waktu Seoul pada hari Senin besok atau sekitar pukul 03.12 hingga 11.12 WIB.

Tiangong-1, yang memiliki ukuran 10,4 meter dan namanya bermakna ‘Istana Surgawi 1i, diluncurkan pada 2011 untuk melakukan serangkaian percobaan perkaitan atau docking pesawat antariksa dan orbit sebagai bagian dari program ambisius China di bidang ruang angkasa.

Antara melansir, China juga berambisi menempatkan stasiun luar angkasa permanen di orbit Bumi pada 2023.

Stasiun luar angkasa China awalnya akan dinonaktifkan pada 2013, tetapi misinya berulang kali diperpanjang.

China sebelumnya sempat mengumumkan Tiangong-1 akan non-aktif pada akhir 2017. Namun hingga saat ini, proses penonaktifannya kembali tertunda. (ant/tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs