Minggu, 19 Mei 2024

DPR Minta Polri Sosialisasi Masif Tilang Elektronik Mulai Oktober

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. CCTV di Kota Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI menanggapi kebijakan Polda Metro Jaya mengenai penerapan uji coba tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/E-TLE) yang akan mulai diberlakukan pada Oktober 2018 di sejumlah ruas jalan non-tol.

Agar berjalan sukses, Bamsoet, meminta agar masyarakat benar-benar diberikan sosialisasi mengenai kebijakan itu.

Kata Bamsoet, sejumlah jalan yang akan melaksanakan E-TLE adalah di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Dia mendorong Komisi III DPR meminta Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk secara gencar melakukan sosialisasi terhadap penerapan E-TLE kepada masyarakat.

“Mulai dari proses tilang sampai cara membayar surat tilang melalui E-TLE, agar dapat memberikan pemahaman dan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses E-TLE untuk membayar denda, apabila terkena pelanggaran lalu lintas,” ujar Bamsoet, Selasa (18/9/2018).

Dia juga berharap Polda Metro Jaya menyiapkan strategi demi mengantisipasi terhadap kendala teknis yang mungkin terjadi di lapangan. Khususnya pada saat pelanggar mengakses E-TLE untuk membayar denda pelanggaran.

Kata dia, Korlantas Mabes Polri harus dapat menjamin kemudahan dan kelancaran berjalannya uji coba penerapan tilang elektronik tersebut.

“Serta agar terus meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan keamanan terhadap masyarakat,” ujarnya.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs