Selasa, 7 Mei 2024

Emak-emak Unjuk Rasa di Depan Istana Merdeka Tuntut Turunkan Harga Sembako

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Barisan Emak-Emak Militan Indonesia ketika berdemo menuntut sembako murah di depan Istana Merdeka, Rabu (18/7/2018). Foto: Jose suarasurabaya.net

Naiknya harga kebutuhan pokok dari hari ke hari, mendorong perwakilan ibu-ibu se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang tergabung dalam aliansi emak-emak militan Indonesia, berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Rabu (18/7/2018).

Ibu-ibu pengunjuk rasa itu membawa peralatan dapur yang biasa mereka pergunakan untuk memasak sehari. Alat dapur dipukulkan dengan alat lainnya sehingga menimbulkan bunyi menyerupai alat musik perkusi.

Sebagian lagi berderet menghadap ke jalan raya sambil membentangkan poster berisi protes kepada pemerintah yang dinilai melakukan pembiaran terhadap naiknya harga sembako, naiknya tarif dasar listrik, dan dikuranginya suplai BBM bersubsidi jenis premium.

Secara tidak langsung masyarakat dipaksa membeli BBM non subsidi seperti pertamax dan pertalite, yang harganya lebih mahal.

Beberapa pengunjuk rasa mencoba berdialog dengan polisi dan menanyakan sebagai ibu rumah tangga, istri Polisi ikut merasakan kenaikan harga sembako apa tidak.

Sedang pengunjuk rasa yang lain berorasi di atas mobil yang didesain menyerupai panggung. Mereka berorasi secara bergantian dengan lantang. “Bapak Presiden perhatikan nasib kami, yang terus terhimpit oleh melonjaknya harga kebutuhan pokok. Harga telur ayam terus naik, sayur naik. Jangan sibuk membangun pencitraan,” terik Endah ibu rumah tangga asal Bogor dari atas mobil yang dihadapkan ke Istana Merdeka.

Tapi keinginan emak-emak agar suara mereka didengar langsung oleh Jokowi Presiden, tidak kesampaian. Hal ini karena Presiden sedang berada di Istana Bogor. (jos/bas/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs