Kamis, 25 April 2024

Endorgan Undang Jusuf Kalla Hadiri Aksi untuk Palestina di Turki

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jusuf Kalla Wapres bertolak ke Turki dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis malam (17/5/2018). Foto: setkab.go.id

Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Jusuf Kalla Wakil Presiden mengikuti aksi damai untuk Palestina di Lapangan Yenikapi, Istanbul, Turki, Jumat (18/5/2018) sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Selain JK, aksi tersebut dihadiri juga oleh para delegasi negara-negara peserta KTT OKI dan rakyat Turki. JK hadir atas undangan Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki.

“Pak Wapres mengikuti aksi atas undangan Presiden Erdogan sebagai tuan rumah,” ujar Husain Abdullah Jubir Wapres dilansir dari Antara.

Husain menambahkan, hadirnya JK di aksi tersebut juga sebagai bentuk perjuangan Indonesia untuk Palestina.

“Aksi dimulai sekitar pukul 16.00, ada sekitar ribuan warga Turki yang ikut aksi,” katanya.

Dalam aksi tersebut, JK bersama delegasi KTT OKI lainnya mendesak PBB untuk mengambil langkah tegas atas pemindahan Kedubes AS di Yerussalem. Selain itu, mereka juga mendesak PBB untuk mengusut tewasnya sejumlah warga Palestina saat unjuk rasa di Jalur Gaza, untuk menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerussalem.

Pada aksi unjuk rasa tersebut juga, Erdogan sempat berorasi dan menyampaikan kepada rakyat Turki bahwa unjuk rasa ini juga dihadiri M Jusuf Kalla Wapres RI. Disana, Endorgan Presiden memperkenalkan Jusuf Kalla kepada massa yang memenuhi lapangan tepi Selat Bosporus.

Dalam aksinya, massa meneriakkan slogan-slogan anti Amerika Serikat (AS) dan anti Israel. Mereka pun mengacungkan plakat bertuliskan ‘Israel Teroris’ dan ‘Hentikan Pembantaian Israel’.(ant/tna/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs