Jumat, 26 April 2024

Gus Ipul Berharap TPS 3R Desa Glagahsari Pasuruan Mengantar Indonesia Bebas Sampah di 2020

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gus Ipul Wakil Gubernur Jatim di acara peresmian TPS 3R Desa Glagahsari Pasuruan, Senin (26/11/2018). Foto: Humas Pemprov Jatim

Tempat Pengolahan Sampah: Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS 3R) Glamors (Glagahsari Makmur Ora Ruwet Sampah) di Desa Glagahsari Kabupaten Pasuruan, diresmikan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jatim, Senin (26/11/2018).

TPS 3R Glamors yang akan dikelola kelompok swadaya masyarakat (KSM) Desa Glagahsari adalah TPS 3R yang difasilitasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jatim.

Gus Ipul meresmikan TPS 3R ini secara simbolis dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Menurut dia TPS ini akan menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah di Pasuruan. Terutama di Desa Glagahsari dengan penduduk sebanyak 7.000 jiwa.

“Ini sekaligus menjawab keprihatinan terhadap permasalahan sampah. Apalagi baru-baru ini kita mendengar ada Ikan Paus di Wakatobi yang mati dengan perutnya ditemukan sampah sebanyak 5,9 kilo gram,” katanya.

Gus Ipul berharap, setiap desa di Jawa Timur punya tempat pengelolaan sampah seperti ini sehingga bisa diwariskan untuk generasi mendatang. Dia juga berharap TPS 3R ini bisa mendukung Indonesia Bebas Sampah 2025.

“Kalau masalah sampah bisa diatasi, artinya kita memberikan peninggalan yang baik untuk generasi masa depan. Mudah-mudahan ini bisa jadi contoh dan inspirasi desa lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Mujib Imron Wakil Bupati Pasuruan mengatakan, masalah sampah menjadi masalah paling populer untuk dibahas. Pemkab Pasuruan berusaha sekuat tenaga menjaga kualitas lingkungan dengan mengurangi sampah.

“Pemkab Pasuruan melalui APBD 2018 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan telah mengalokasikan pengadaan bank sampah induk serta sarana dan prasarananya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Jatim melalui Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim memberikan bantuan berupa dua tempat sampah terpilah kepada Kepala Desa Glagahsari.(den/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs