Jumat, 29 Maret 2024

Hari Terkahir Registrasi Sim Card, Akses Sms 4444 Tidak Terblokir

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Registrasi kartu prabayar atau sim card. Grafis: suarasurabaya.net

Prof Henry Subianto Staf Ahli Bidang Hukum Menkominfo mengatakan, batas akhir registrasi sim card adalah hari ini, Senin (30/4/2018). Besok akan dilakukan pemblokiran serentak untuk layanan panggilan, sms, data internet serta panggilan keluar dan masuk.

“Semua akan kami blokir, kecuali satu yang tidak terboklir yaitu akses sms ke 4444 untuk registrasi. Kalau tidak diregistrasi sampai masa aktif kartu habis, otomatis kartu itu tidak akan bisa digunkan lagi,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Senin (30/4/2018).

Pemerintah mewajibkan operator untuk memblokir nomor dengan NIK yang sudah teregistrasi melebihi batas normal, misalnya NIK yang teregistrasi hingga ribuan nomor.

“Apalagi yang punya NIK tidak tahu kalau NIK-nya dipakai Regis sampai ribuan nomor, itu akan berbahaya,” jelasnya.

Berdasarkan aturan terakhir, karena ada demo pelapak kartu di berbagai kota. Pemerintah memutuskan batas kepemilikan kartu untuk 1 NIK tidak lagi 3, boleh lebih, tidak dibatasi. Namun, harus pada batas normal.

“Yaitu yang penting nomor kartu didaftarkan oleh pemilik. Tidak dibatasi hanya 3, namun pemakaian di luar batas normal seperti ribuan, maka akan kami tindak untuk pemblokiran, karena dikhawatirkan NIK disalahgunakan,” jelas nya.

Kenyataan di lapangan, yang banyak terjadi lapak-lapak mengaktifkan nomor dengan NIK pemilik lapak sampai ratusan hingga ribuan, itu yang tidak diperbolehkan.

“Maka nanti, akan kami sisir NIK yang teregistrasi dengan ribuan nomor dan akan kami blokir,”

Pihaknya mengimbau, kepada masyarakat nomor jangan diregistrasikan pelapak, harus pemilik sendiri agar lebih aman digunakan. (ino/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs