Senin, 13 Mei 2024

Kementerian LHK Pertanyakan Tujuan Pengelolaan Limbah B3 di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Euis Ekawati Kepala Sub Direktorat Penimbunan dan Dumping Limbah B3 Kementerian LHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan melihat tujuan pengelolaan limbah B3 di Surabaya. Hal itu penting ditentukan untuk pemenuhan persyaratan administrasi dan teknis.

Euis Ekawati Kepala Sub Direktorat Penimbunan dan Dumping Limbah B3 Kementerian LHK menyebutkan, ada beberapa tujuan pengelolaan limbah.

Baik untuk pengolahan, penimbunan, atau pemanfaatan limbah B3.

Menurutnya, pembangunan pusat pengelolaan limbah B3 di Surabaya sangat memungkinkan. Tapi Kementerian LHK harus tetap melakukan prosedur yang berlaku.

“Sangat memungkinkan. Nanti kami akan tetap melihat, pertama dari lokasi dulu. Nanti tergantung tujuannya apa dulu? Masing-masing tujuan pengelolaan itu ada persyaratan teknis yang harus dipenuhi,” ujar Euis di Surabaya, Rabu (17/10/2018).

Misalnya lokasi. Untuk pengelolaan limbah B3 lokasinya harus berada di antara 300-400 meter dari permukiman penduduk.

Lalu soal peralatan, Kementerian LHK akan melihat spesifikasi alat yang digunakan, dari sisi thermal dan detail peralatan lainnya.

Usai menjadi pembicara Seminar Kebijakan dan Regulasi Pengelolaan Limbah B3 di Gedung Pemkot Surabaya, hari ini, Euis menyatakan, niat Pemkot Surabaya membuat pengelolaan limbah B3 baik.

Semakin banyak pusat pengelolaan limbah di Indonesia, maka penanganan limbah B3 di Indonesia akan semakin optimal.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya pada kesempatan berbeda mengatakan, kebutuhan pengelolaan limbah B3 di Surabaya sudah mendesak.

“Ini pengusaha sudah kebingungan harus ke mana membuang limbahnya. Kalau dibiarkan, nanti ketika ada penindakan, mereka tutup, yang rugi kita sendiri,” ujarnya.

Untuk itulah, Pemkot Surabaya sudah menyiapkan sejumlah anggaran pembangunan pusat pengelolaan limbah. Termasuk untuk membeli insinerator dari Kitakyushu, Jepang, seharga Rp40 miliar.

Lahan juga sudah disiapkan. Lahan seluas 2,4 hektare di kawasan Tambak Osowilangun, diklaim sudah siap menjadi lokasi pengelolaan limbah B3 di Surabaya.

Tinggal menunggu perizinan dari pusat. Pemkot Surabaya mengklaim sudah siap membangun pengelolaan limbah B3 di Surabaya dengan perkiraan beroperasi 2020 mendatang.(den/bid)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
27o
Kurs