Minggu, 5 Mei 2024

Menristekdikti Resmikan Dua Wahana Koleksi PP-IPTEK

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Mohammad Nasir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (20/4/2018). Foto: BKKP Menristekdikti

Perayaan HUT ke 27 Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), ditandai dengan Indonesia Science Day (ISD) 2018 dan peresmian 2 wahana baru koleksi PP-IPTEK.

Peresmian dilakukan Mohammad Nasir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Nasir mengatakan kegiatan ISD 2018 merupakan wadah bagi peneliti dari lembaga litbang, perguruan tinggi dan industri di Indonesia untuk mengkomunikasikan hasil penelitiannya kepada masyarakat umum, agar lebih mengenal hasil inovasi karya anak Indonesia.

Menteri Nasir berharap PP-IPTEK dapat menjadi rujukan National Science Park di Indonesia, dan menjadi Science Center pemberi pendidikan non-formal kepada anak-anak Indonesia untuk lebih memahami ilmu pengetahuan melalui koleksi alat peraga yang dimiliki oleh PP-IPTEK.

“Saya harap wahana ini bisa menjadi tempat pembelajaran anak Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya di bidang sains dan teknologi dan ke depan wahana ini tidak hanya ada di Jakarta, namun di daerah pun juga ada, dengan fasilitas yang sama seperti yang ada di Jakarta, supaya anak Indonesia lebih memahami ilmu pengetahuan melalui alat peraga,” kata Menristekdikti.

Dalam kesempatan yang sama, Mochammad Syachrial Annas Direktur PP-IPTEK juga menandatangani Nota Kesepahaman antara PP-IPTEK dengan 8 lembaga industri stategis di Indonesia yang concern dalam pengembangan teknologi untuk mengembangkan Wahana Inovasi Indonesia di PP-IPTEK tahun 2019.

“Sebagai langkah awal komitmen kerjasama membangun Wahana Inovasi Indonesia pada tahun 2019 nanti, kami berkolaborasi dengan lembaga industri untuk mewujudkan upaya kami dalam memperluas dan meningkatkan fungsi PP-IPTEK untuk membudayakan IPTEK kepada anak-anak Indonesia,” pungkas Syachrial.

Adapun 8 Lembaga Industri yang melakukan kerjasama dengan PP-IPTEK tersebut adalah PT Biofarma, PT Dirgantara Indonesia (DI), PT Pindad, PT Inti, PT LEN, PT Inuki, PT Dahana dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). (jos/ino/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs