Minggu, 5 Mei 2024

Pemerintah Singapura Anugerahi Gatot Nurmantyo Bintang Kehormatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gatot Nurmantyo, saat masih menjabat sebagai Panglima TNI. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Singapura menganugerahi Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI, Bintang Kehormatan Distinguished Service Order (DSO) atas jasanya yang terus mendukung kerja sama Indonesia dan Singapura saat masih aktif sebagai Panglima TNI.

Bintang Kehormatan DSO itu diberikan langsung oleh Halimah Yacob Presiden Singapura di Istana, Senin (5/3/2018), yang juga turut dihadiri oleh Ng Eng Hen Menteri Pertahanan Singapura serta Perry Lim Panglima Angkatan Bersenjata Singapura.

Sementara itu, I Gede Ngurah Swajaya Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura menjadi wakil dari Indonesia yang turut menyaksikan momen tersebut.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Singapura. Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, melainkan juga milik semua prajurit yang selama ini sudah bekerja sama,” ungkap Gatot setelah acara selesai, seperti dilansir Antara.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu kemudian menjelaskan DSO merupakan suatu bintang kehormatan yang diberikan Presiden Singapura kepada panglima angkatan bersenjata dari negara ASEAN dan negara lain yang terpilih.

Setelah disematkan bintang kehormatan, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut kemudian bertemu dengan Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura yang juga dilaksanakan di Istana, Singapura.

Gatot menjelaskan bahwa pembahasan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong tersebut, mengangkat beberapa topik, di antaranya mengenai prospek hubungan TNI dengan Angkatan Bersenjata Singapura, sikap negara terhadap konflik wilayah, serta terorisme.

“Soal terorisme saya katakan bahwa satu negara tidak bisa menyelesaikannya sendiri. Ini harus kerja sama dengan negara lain,” terang Gatot.

Ia juga berharap hubungan Indonesia dengan Singapura dapat berjalan dengan semakin baik.(ant/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs