Minggu, 5 Mei 2024

Pemkot Surabaya Tambah 6 Lift di JPO Sampai Akhir Tahun 2018

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
PO di Jl Basuki Rahmat, Surabaya. Foto: istimewa

Pemerintah Kota Surabaya akan membangun 6 lift lagi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Pembangunan lift ini akan melengkapi JPO di Jalan Basuki Rahmad yang telah difungsikan sejak tahun 2017 lalu.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya mengatakan, pembangunan enam lift di JPO itu tidak akan menggunakan dana APBD, tapi dari pihak ketiga.

Menurut Rahayu, pembangunan 6 lift itu merupakan hasil kesepakatan Pemkot Surabaya dengan pihak ketiga dalam perpanjangan masa sewa JPO itu.

“Ketika penyewa ini ingin memperpanjang perjanjian sewanya, Pemkot Surabaya meminta fasilitas tambahan berupa pembangunan lift di JPO. Mereka pun menyetujuinya, sehingga pemkot dalam pembangunan lift ini tidak mengeluarkan dana apapun,” kata Rahayu, Senin (23/7/2018).

Rahayu mengatakan, enam JPO yang segera dilengkapi lift adalah JPO di Jalan Basuki Rahmad depan Hotel Bumi, JPO di Jalan Gubernur Suryo depan SMAN 6, JPO di Jalan Pemuda depan RRI, JPO Jalan Urip Sumoharjo, JPO Jalan Prof Moestopo depan FKG, dan JPO Jalan Wonokromo depan stasiun.

“Nanti total ada 7 JPO di Surabaya yang dilengkapi lift,” kata Rahayu.

Pemkot memastikan bahwa pembangunan lift pada 6 JPO itu akan dimulai minggu-minggu ini dan ditargetkan selesai akhir tahun 2018. Makanya, masyarakat diimbau untuk tidak kaget apabila beberapa JPO sudah dilakukan penutupan oleh pihak ketiga.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi banyaknya penyeberang jalan akibat ditutupnya 6 JPO saat pembangunan lift, maka Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya sudah berkoordinasi dengan Linmas dan Satpol PP Surabya untuk membantu penyeberangan masyarakat.

“Harapannya, tentu para penyeberang itu bisa dibantu untuk menyeberang jalan dan disosialisasikan bahwa sedang ada pembangunan lift. Kami sudah antisipasi itu bersama Linmas dan Satpol PP,” katanya.(bid/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs