Senin, 29 April 2024

Penanggungan Terbakar, Tanda Akan Turun Hujan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi Gunung Penanggungan. Foto : Istimewa

Kebakaran terjadi pada Senin (1/10/2018) di area puncak Gunung Penanggungan, tepatnya di atas Desa Kunjoro Wesi.

Luas area yang terbakar sekitar 40 hektar dan merupakan area padang savana.

Didik Sudarsono Kepala Seksi Pelayanan dan PBPMI Mojokerto kepada Radio Suara Surabaya mengatakan, titik api kebakaran ini bergerak dari arah timur dan telah diketahui sejak pukul 14.00 WIB.

Untuk pemadaman sendiri, telah dilakukan berbagai upaya oleh relawan, Perhutani, penduduk sekitar, serta kepolisian, salah satunya pembuatan sekat bakar.

“Teman-teman semua ikut naik ke puncak. Ada sekitar 150 orang yang membantu memadamkan api. Beberapa juga bersiaga di Trawas karena api bergeser merambat ke arah Trawas,” terangnya.

Didik juga menyampaikan, kebakaran di Gunung Penanggungan bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Menurut pengalamannya, jika Gunung Penanggungan mulai terbakar, berarti dalam waktu dekat, akan turun hujan.

“Tahun 2017 tidak ada kebakaran, tapi tahun-tahun sebelumnya selalu kebakaran. 2016 juga cukup hebat kebakaraannya. Tidak perlu khawatir, berarti kurang lebih 2 minggu sudah akan hujan,” ujarnya.

Sementara dari pantauan dari pos pendakian sendiri, hari ini tidak ada pendaki yang naik.

Hingga dini hari, Selasa (2/10/2018), masih terdapat sebagian kecil area yang terbakar. Didik memperkirakan kebakaran akan padam pada pagi hari. (nin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs