Minggu, 19 Mei 2024

Peringati World Theater Day, Komunitas Teater Beraksi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu di antara penampilan pelajar pada peringatan World Theater Day 2018 di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Lebih dari 10 komunitas teater mulai dari pelajar, mahasiswa dan sanggar teater, Selasa (27/3/2018) menggelar aksi di Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) Jl. Gentengkali, Surabaya memperingati World Theater Day.

Harwi Mardiyanto ketua penyelenggara aksi teater dalam rangka World Theater Day menyampaikan bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini menjadikan manusia justru enggan berkomunikasi secara langsung.

“Mereka memilih gadget sebagai sarana berkomunikasi. Padahal manusia perlu bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan manusia lain, dan melalui teater sebenarnya, anak-anak muda berlatih untuk memahami lingkungan sekitarnya,” ujar Harwi Mardiyanto.

Kali ini, para aktivis teater di Surabaya diantaranya dari skeolah-sekolah dan kampus berkumpul bersama, kemudian memainkan berbagai lakon pementasan secara bersama-sama dalam panggung yang ada di sejumlah titik di kompleks TBJ.

Dengan pementasan bersama ini, Harwi berharap anak muda punya keberanian untuk berani berbicara dengan orang lain, tanpa harus melalui gadget. “Sekaligus juga mengajak anak-anak muda kembali menghidupkan teater di Kota Surabaya,” tegas Harwi.

Sementara itu, keramaian anak-anak dan remaja mengenakan berbagai make up untuk wajah sebagai bagian pementasan terater yang akan mereka lakukan, Selasa (27/3/2018) siang menjadi pemandangan meriah di kompleks TBJ Jl. Gentengkali.

“Ini peringatan sedunia, kita di Surabaya seharusnya juga wajib memeriahkannya. Semoga tahun depan nanti keseruan seperti ini masih akan kita nikmati bertsama-sama,” pungkas Efi satu diantara mahasiswa peserta pementasan teater World Theater Day di Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs