Senin, 6 Mei 2024
Peringatan Hari Kartini

Ratusan Penyelam Wanita Akan Gelar Upacara di Bawah Laut Pasir Putih

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Ratusan penyelam wanita akan menggelar upacara di bawah laut Pasir Putih untuk memperingati hari Kartini, Sabtu (21/4/2018) pukul 08.00 WIB.

Mayor Rohman Arif Kadispen Lantamal V Surabaya mengatakan, pengibaran bendera akan dilakukan dari dasar laut menuju permukaan laut.

“Kegiatan ini gabungan dari komunitas-komunitas beberapa daerah dan Lantamal. Ada komunitas yang dari Kalimantan dan Papua juga,” kata Rohman pada Radio Suara Surabaya.

Nantinya, lanjut dia, peserta akan berdiri di pinggir dahulu. Kemudian bergerak bersama ke tiang bendera yang lokasinya 200 meter dari bibir pantai.

Upacara ini digelar di bawah laut, kata dia, sekalian untuk mengajak wanita Indonesia mencintai alam bahari Indonesia.

“Penyelamnya wanita, laki-lakinya cuma jadi pendamping. Upacara berlangsung sekitar 20 menit,” ujarnya.

Untuk arus lalu lintas, kata dia, akan dilakukan rekayasa oleh polisi. Rekayasa ini untuk meminimalisir kemacetan akibat membludaknya penonton. Pihak panitia sudah menyiapkan kantong parkir di hotel-hotel sekitar Pasir Putih bagi masyarakat yang ingin melihat.

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa patriotisme termasuk mencintai laut karena 75 persen wilayah Indonesia adalah laut,” katanya. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs