Senin, 26 Februari 2024

Rayakan Ulang Tahun FSPMI, Aksi Turun Jalan Usung Tritura

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Salah satu aksi buruh FSPMI. Foto: http:fspmi.or.id

Ribuan buruh Jawa Timur yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan kembali turun ke jalan mengusung Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura), Selasa (6/2/2018).

Jazuli Sekretaris DPW FSPMI Jatim waktu dikonfirmasi suarasurabaya.net, mengatakan bahwa, aksi kali ini sekaligus sebagai perayaam hari lahirnya FSPMI yang ke-19 tahun pada 6 Februari 2018.

“Ada sekitar lima ribu buruh dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kab./Kota Mojokerto, Kab./Kota Pasuruan, Kab. Tuban, Probolinggo, juga Jember yang akan turun ke jalan, aksi di Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya,” ujarnya.

Menurut Jazuli, adapun tuntutan aksi kali ini secara nasional mengusung isu Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura), yaitu :
1. Turunkan Harga Beras, BBM dan Listrik
2. Tolak Upah Murah
3. Pilih Calon Pemimpin Yang Amanah, Berpihak Kepada Buruh dan Anti Upah Murah

Sedangkan isu lokal di Jawa Timur sendiri adalah mendesak Gubernur Jawa Timur untuk :
1. Revisi Pergub No. 75 Tahun 2017 tentang UMK untuk menghilangkan disparitas upah yang mengakibatkan kesenjangan ekonomi di Jawa Timur.
2. Tetapkan Upah Minimum Sektoral Kab./Kota (UMSK) 2018 untuk Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Gresik.
3. Tertibkan pekerja kontrak dan outsourcing dengan memberikan sanksi yang tegas bagi perusahaan yang melanggarnya serta cabut izin usaha PPJP (Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja).
4. Memerintahkan Bupati Bojonegoro agar segera mencabut kebijakan upah cluster yang nilainya dibawah UMK Kab. Bojonegoro.
5. Daftarkan pekerja/buruh korban PHK beserta keluarganya kedalam program JKN BPJS Kesehatan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).
6. Segera bentuk Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) di Jawa Timur sebagai salah satu upaya perbaikan kualitas pelayanan di Rumah Sakit.
7. Berikan insentif/beasiswa kepada putra/putri pekerja/buruh Jawa Timur yang masih mengenyam pendidikan di SD/SMP/SMA hingga Perguruan Tinggi sebesar Rp. 1.000.000.

Kata Jazuli, di akhir masa jabatanya diharapkan Soekarwo Jatim dapat memberikan kenang-kenangan kepada rakyat Jawa Timur berupa kesejahteraan.

Massa FSPMI ini menjelang pukul 11.00 ini kata Jazuli sedang menuju Kantor Gubernur Jawa Timur menggunakan kendaraan bus, mobil dan sepeda motor. Massa diperkirakan pukul 12.00 baru tiba dan berkumpul di Jl. Pahlawan Surabaya. Sedangkan aksi tersebut diperkirakan akan selesai pukul 16.00 WIB. (ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs