Jumat, 29 Maret 2024

UPKU Untag Surabaya Tangani Psikotes Calon Direksi PD Pasar Surya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana tes psikologi di UPKU Untag Surabaya. Foto: Istimewa

Fakultas Psikologi khususnya Unit Pelayanan Konsultasi Psikologi (UPKP) Untag Surabaya, untuk ke3 kalinya membantu Perusahaan Daerah Pasar Surya Kota Surabaya dalam tahapan seleksi Psikotes Calon Direksi PD Pasar Surya.

Berlangsung mulai Senin (29/10/2018) sampai Selasa (30/10/2018) di ruang Pasca Sarjana Untag Surabaya, kegiatan tersebut bertujuan membantu menyeleksi para kandidat Direksi PD Pasar Surya yang telah lulus seleksi awal.

Tahapan-tahapan yang dilalui oleh para kandidat Direksi PD Pasar Surya kali ini adalah Psikotes, Uji Kompetensi dan Behavioral Event Interview (BEI).

“Jadi ada tambahan interview dengan teknik BEI, interview sampai menemukan evidence perilaku,” terang Drs. Yanto Prasetyo, MSi.Psikolog, koordinator sekaligus Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya.

Nantinya, lanjut Yanto pihaknya membantu membuat ranking yang terbaik diantara peserta yang mengikuti seleksi. “Kami hanya memberikan rekomendasi, berdasarkan bidang kita,” kata Yanto.

Sementara itu, Dr. Fajar Sugianto, SH., MH., satu diantara assessor, mengatakan salah satu tahapan yang dilalui oleh kandidat Direksi PD Pasar Surya khususnya Direktur Utama adalah penyampaian visi misi.

“Sesi itu terbagi dari 10 menit mereka presentasi visi misi kedepannya seperti apa. Mulai dari existing problems sampai penerapannya serta tantangan-tantangannya seperti apa, dan 20 menit dilakukan tanya jawab yang merangkum semua penilaian-penilaian,” papar Fajar.

Ditambahkan Fajar, bahwa masing-masing tim penguji memiliki parameter penilaian yang sama tetapi tentu saja dielaborasikan dari sudut pandang yang berbeda.

“Seperti saya orang hukum jadi lebih memainkan peran hukumnya mulai dari pemahaman hukumnya sendiri, sampai dengan bagaimana mengukur tingkat kepatuhannya mereka,” kata Fajar.

Sedangkan untuk penilaiannya sendiri, lanjut Fajar, mencakup banyak hal. Mulai dari tingkat management skill, decision making, kemampuan komunikasi, kemampuan koordinasi hingga menjalin relasi.

Fajar berharap para kandidat Direksi PD Pasar Surya ini ke depannya mampu melakukan pembenahan-pembenahan. “Jadi apa yang tidak sempat disinggung atau dibahas dalam sesi ini, para kandidat bisa melengkapi kompetensi yang mungkin tidak terbahas,” pungkas Fajar, Selasa (30/10/2018).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs