Selasa, 30 April 2024

Urai Penumpukan Kendaraan di Tol Bandar, Kendaraan Dialihkan Lewat Tembelang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kepadatan arus lalu lintas di tol Jombang. Foto: Mustiqo via whatsapp SS

Libur panjang membuat pintu tol Jombang Bandar Kedungmulyo mengalami kepadatan. Demi memperlancar arus kendaraan karena penumpukan di wilayah Bandar, kendaraan dialihkan menuju Tembelang.

AKP Inggal Widia Perdana, Kasat Lantas Polres Jombang mengatakan, karena adanya kepadatan dan penumpukan di exit tol Bandar, akhirnya semua Polres Jombang mengalihkan ke Tembalang dan Jatipelem.

“Di wilayah exit tol terakhir memang mengalami kepadatan, dialihkan ke Tembalang semua sebagai exit tol-nya, dan kami sudah melakukan pengalihan di Jatipelem untuk mengurangi volume di Bandar, dan di Bandar sendiri sudah kami lakukan penarikan,” kata AKP Inggal pada Radio Suara Surabaya, Sabtu (15/4/2018).

Kemacetan salah satunya disebabkan adanya kecelakaan yang belum terkonfirmasi jenis kendaraannya di daerah tol. Untungnya, kecelakaan tersebut hanya menyebabkan kerugian material. Menurut AKP Inggal, kecelakaan itu juga sudah ditangani anggota.

Diduga, lanjut Inggal, kecelakaan terjadi karena padatnya volume kendaraan di sekitar tol sehingga membuat pengendara saling serobot dan tabrakan sulit terhindari.

Kata Inggil, pihaknya telah menurunkan 10 personel untuk ikut mengamankan kondisi lalu lintas di daerah tol Jombang. Ia juga menerangkan bahwa penyebab kelambatan arus karena adanya padatnya arus setelah exit tol yang dipenuhi kendaraan besar serta adanya palang pintu kereta api.

“Jadi memang setelah exit tol Kayen Bandar itu ada dua bottle neck, dan tanjakan di jembatan Kayen itu bottle neck jadi titik akselerasi untuk kendaraan tronton, sehingga menghambat kelancaran akses juga. Kedua bottle neck di Bandar disana ada palang pintu yang setiap 10-15 menit ada penutupan karena ada kereta api lewat, jadi itu yang membuat kelambatan di exit Bandar,” jelasnya.

AKP Inggal menghimbau agar para pengendara tetap sabar saat berada di exit tol Bandar, karena Polres Jombang masih terus melakukan perbaikan dan pola-pola pengalihan. (tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs