Sabtu, 27 April 2024
Jalan Raya Gubeng Ambles

Kapolda Jatim: Sudah Ada Peringatan Sejak Februari Soal Temuan Rongga-Rongga Air

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim ketika mengunjungi lokasi amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng pada Rabu (19/12/2018) pagi. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim menyebut, sejak bulan Februari 2018, sudah ada peringatan dari tim ahli pembangunan basement RS Siloam terkait temuan rongga-rongga air ketika penggalian.

“Tim ahli (pembangunan Basement RS Siloam) sudah menyarankan agar pembangunan dievaluasi ulang menyusul penemuan itu,” kata Kapolda ketika mengunjungi lokasi amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng pada Rabu (19/12/2018) pagi.

Fakta ini ditemukan, setelah Polisi melakukan pemeriksaan 5 orang pada Rabu (19/12/2018) dini hari terkait amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng itu. Pembangunan basement seluas 70 x 70 m dengan kedalaman 19 meter ini baru dikerjakan 11 persen.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui pada Selasa (18/12/2018) ada 29 pekerja yang bertugas. Dari 29 orang ini, pada Sore hari kembali 10 orang, dan malam ada 6 orang yang bertugas mengawasi rongga-rongga air tersebut.

“Kronologisnya, saat dia melakukan pengawasan terhadap rongga air itu, ada suara ledakan, kemudian dia lari ternyata jalanan ambles. Pekerja tadi lalu naik ke atas, dan memberitahu masyarakat untuk tidak lewat jalan itu,” ujar Irjen Pol Luki Hermawan.

Terkair kasus ini, polisi akan mengundang tim ahli, baik dari ITS, Basarnas, dan pihak-pihak lain yang terkait unutuk menentukan pihak-pihak yang harus bertanggungjawab. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs