Minggu, 2 Juni 2024

PDAM: Pipa Umbulan Bocor di Raya Porong Lama Karena Kontur Tanah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Warga korban Lumpur Lapindo, Sidoarjo, berdoa di kolam lumpur Lapindo, Renokenongo, Sidoarjo, Kamis (25/5/2017). Foto: Dok. suarasurabaya.net

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada membenarkan terjadinya kebocoran pipa air minum berdiameter 600 milimeter di Jalan Raya Porong Lama, Sidoarjo, di selatan Desa Ketapang (Tol Putul), Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Kamis (15/11/2018).

Agus Subagyo Manager Humas PDAM Surya Sembada menegaskan, kebocoran pipa PDAM di Jalan Raya Porong Lama itu diduga karena kontur tanah, bukan karena usia pipa yang sudah tua. “Memang usianya sekitar itu (90 tahun), tapi dugaan kami bukan karena itu. Karena kontur tanahnya,” ujarnya.

Alasan PDAM menduga penyebab kebocoran pipa ini karena kontur tanah berdasarkan lokasi atau letak pipa tersebut. Pipa itu tidak secara langsung berada di bawah jalan raya, karena itu kecil kemungkinan karena terdampak beban kendaraan di atasnya.

“Pipa kita juga tidak melintang melewati jalan, tapi di bahu jalan dan berada di kedalaman 8 meter,” kata Agus.

Meski demikian, PDAM Surya masih perlu melakukan penggalian supaya bisa mengetahui dengan pasti apa penyebab pipa yang menyalurkan air dari SPAM Umbulan itu mengalami kebocoran. Sayangnya, PDAM tidak bisa melakukan penggalian hari ini juga.

PDAM Surya Sembada masih menunggu ketersediaan alat berat yang akan melakukan penggalian, karena kedalaman pipa besar itu sekitar 8 meter dari permukaan tanah.

Sebelumnya, Hengki Listia Adi Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menegaskan, kebocoran pipa PDAM tersebut bukan merupakan dampak dari penurunan tanah, melinkan karena usia pipa yang sudah diperkirakan sudah mencapai 90 tahun.(den)

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
31o
Kurs