Jumat, 26 April 2024

Risma Gembira Raya Gubeng Sudah Dibuka Kembali

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jalan Raya Gubeng pada Kamis telah dibuka untuk uji coba setelah delapan hari sejak peristiwa amblesnya tanah di lokasi tersebut, Kamis petang (27/12/2018) ini. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Dua lajur Jalan Raya Gubeng yang sudah pulih, akhirnya dibuka tepat pukul 18.00 WIB, Kamis (27/12/2018) sore tadi. Kendaraan dari Jalan Sulawesi, Jalan Ngagel dan dari Jembatan Sulawesi atau dari Keputran, sudah dapat melintas.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya yang menyaksikan secara langsung pembukaan jalan ini di lokasi tampak sumringah.

Ia sampai bingung harus mengatakan apalagi selain mengatakan “ya, sudah jalan,” dengan ekspresi gembira.

Risma memastikan secara teori, dua lajur jalan Raya Gubeng ini aman. Meski demikian, setelah dibuka, penjagaan akan terus dilakukan selama 24 jam kedepan.

Petugas linmas dan Satpol PP Surabaya juga akan tetap ditempatkan di lokasi untuk mengontrol keamanan.

Selain itu, petugas kepolisian juga akan mengatur agar pengendara tidak melambatkan kecepatan supaya tidak terjadi kepadatan karena jalan menyempit.

Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya menegaskan,
Polisi akan memasang public address system atau pengeras suara untuk mengimbau warga tidak memperlambat laju kendaraan.

Dia juga mengatakan, pembukaan jalan ini hanya untuk kendaraan pribadi, baik mobil dan sepeda motor. Untuk sementara ini, kendaraan berukuran besar seperti truk dan bus tidak diizinkan melintas.

Ini senada dengan yang disampaikan Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Pemberlakuan larangan kendaraan besar melintas ini, kata dia, sampai tuntasnya pemasangan Turap Baja di sisi Barat Jalan Raya Gubeng.

Itupun masih perlu ada kajian lagi, kaitannya dengan beban jalan dan lalu lintas dibandingkan kekuatan Jalan Raya Gubeng.

Irvan mengatakan, uji coba pembukaan jalan Raya Gubeng ini berlaku terus, sampai ada evaluasi perkerasan jalan dan kebutuhan pemeliharaan.

Dia mengatakan, pembukaan jalan ini diharapkan bisa menampung lalu lintas kendaraan, baik sebelum maupun setelah tahun baru 2019 serta berakhirnya libur sekolah.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs