Senin, 24 Juni 2024

Bersih-bersih Sungai di Simokerto, Petugas Temukan Granat Nanas

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Tim Gegana saat mengevakuasi granat nanas dan meminta keterangan dari penemu granat. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Sebuah granat ditemukan di sungai Jalan Simokerto Gang 3 Surabaya, Senin (18/11/2019) pagi. Granat berbentuk nanas itu pertama kali ditemukan oleh Riyanto (36) salah satu petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Surabaya.

Saat itu, Riyanto sedang membersihkan sungai tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Kemudian ia mendapati sebuah benda yang tertimbun lumpur di sekitar sungai. Awalnya, dia mengira benda itu adalah besi biasa. Namun, saat dibasuh dengan air ternyata benda itu adalah granat.

Granat ditemukan dalam kondisi sudah tanpa pemantik dan nomor serinya masih jelas. Dirinya menduga, granat itu masih aktif. Sebab ujung granat sempat mengeluarkan udara, saat dibasahi air. Dia pun langsung melaporkan kejadian itu ke pihak polisi.

“Sekitar pukul 07.00 WIB, saat saya sedang membersihkan sungai. Terus waktu gali lumpur, menemukan granat itu. Bentuknya nanas. Pemantiknya gak ada. Sempet saya tes diujung granat dikasih air, keluar udaranya,” kata Riyanto.

Setelah melaporkan hal itu, tidak lama Tim Gegana mendatangi lokasi kejadian dan memasang garis polisi. Granat itu kemudian dimasukkan ke dalam kantong evakuasi oleh Tim Gegana. Penemuan granat ini cukup menyita perhatian warga setempat.

Sementara itu, Kompol Masdawati Saragih Kapolsek Simokerto mengatakan temuan granat ini selanjutnya diserahkan ke Tim Gegana. Pihaknya pun belum bisa memastikan aktif tidaknya granat tersebut.

“Untuk selanjutnya kami serahkan aktif atau tidak benda itu ke Tim Gegana. Jadi detailnya bisa ke Tim Gegana ya. Tapi dilihat dari fisiknya, sepertinya granat itu sudah lama dan sudah karatan karena terpendam di sungai,” kata dia.

Setelah evakuasi granat selesai, kata dia, petugas pun melepas garis polisi. Untuk kemudian, aktivitas penggalian dan pembersihan sungai sudah bisa kembali dilakukan. (ang/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
25o
Kurs