Kamis, 28 Maret 2024

Diduga Bawa Amunisi Ilegal, Penumpang Diamankan di Bandara Juanda

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Barang bukti proyektil amunisi yang diamankan. Foto: Istimewa

Seorang penumpang pesawat China Airlines diamankan petugas Bea Cukai karena diduga membawa ratusan proyektil dan senjata api ilegal. Pria berinisial SP (36), seorang warga Surabaya diamankan setelah barang bawaannya di bagasi melewati XRay Bea Cukai.

Budi Harjanto Kepala Bea Cukai Juanda mengatakan, temuan ini masih dalam proses penyelidikan. Pihaknya akan mengungkapkan lebih detail hasil penyelidikan atas dugaan penyelundupan barang ilegal ini kepada masyarakat melalui kegiatan konferensi pers bila data-datanya sudah lengkap.

“Terkait info itu sedang lidik oleh instansi terkait. Nanti kami rilis kalau sudah lengkap ya,” kata Budi ketika dikonfirmasi suarasurabaya.net Minggu (24/2/2019) malam.

Informasi yang didapat suarasurabaya.net, pengamanan SP dan barang yang diduga ilegal itu terjadi Sabtu (23/2/2019) malam. Setelah petugas melakukan pemeriksaan manual membongkar koper milik SP, petugas mendapati 5 bungkusan plastik warna putih.

Bungkusan yang ditempatkan di antara tumpukan baju itu berisi 400 butir proyektil amunisi dengan ujung berwarna merah dan putih. Selain itu, petugas juga menemukan dua buah Styer AUG/MSAR Surpressor Adapter dan sebuah pelatuk.

Saat ditanya tentang surat pengadaan proyektil dari pejabat berwenang seperti kepolisian, SP yang mengaku sebagai anggota Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin), SP tidak bisa menunjukkan surat itu dan berdalih kartu anggota Perbakin-nya tertinggal di rumah. (ang/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs