Minggu, 9 Agustus 2020

Fokus Lingkungan, Universitas Dinamika Wujudkan Eco Campus

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Duta Universitas Dinamika membawa bibit tanaman untuk ditanam dalam aksi Tanam 1.000 Bibit Tanaman di lingkungan kampus. Foto: Humas Undika

Sederet kegiatan digelar Universitas Dinamika, Kamis (19/12/2019) yang berfokus menjaga serta merawat lingkungan agar menjadi lebih baik dan sehat mewujudkan eco campus.

Hal tersebut merupakan wujud nyata dari satu diantara misi yang dimiliki Universitas Dinamika (Undika) Surabaya, yaitu menciptakan lingkungan yang sehat sekaligus produktif dengan berbagai temuan serta terobosan bagi masyarakat luas.

Satu diantara kegiatan yang dilakukan pada Kamis (19/12/2019) adalah aksi tanam 1.000 bibit tanaman dengan menggunakan metode Vertical Garden di lingkungan kampus sebagai satu diantara upaya mengantisipasi semakin menipis dan habisnya lahan kosong sekitar kampus.

Kegiatan lain yang juga diselenggarakan di hari yang sama adalah peresmian energi terbarukan dalam bentuk panel surya yang mampu menghasilkan energi sekurangnya 8.000W yang dapat dipakai untuk mengalirkan listrik pada lantai 1 Universitas Dinamika.

Menutup seluruh rangkaian acara, adalah sosialisasi serta agenda kegiatan perencanaan eco campus 2020. Diantaranya, program diet plastik; pengunaan kendaraan listrik; kebijakan untuk mengurangi sampah kantor, seperti daur ulang kertas; pengunaan lampu yang ramah lingkungan; dan memperbanyak sensor cahaya dan sensor air untuk menghemat energi.

Selain itu, agenda eco campus lain yang akan dilaksanakan oleh Universitas Dinamika pada tahun 2020 mendatang, yaitu menjalin kerjasama dengan komunitas lingkungan hidup dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Pembukaan seluruh rangkaian acara pada Kamis (19/12/2019) dihadiri dan dibuka oleh Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Rektor Universitas Dinamika. Rektor berharap dari seluruh kegiatan yang digelar memberikan inspirasi setiap civitas academica Universitas Dinamika terlibat aktif pada kegiatan-kegiatan yang dihelat.

“Sebagai lembaga pendidikan, kita memiliki peran penting dalam mengembangan inovasi-inovasi lingkungan dan memberikan contoh untuk bisa menjaga lingkungan agar menjadi lebih baik. Melalui Universitas Dinamika, kita wujudkan lingkungan yang bersih, nyaman, dan asrih,” tegas Budi Jatmiko dihadapan para mahasiswa, Kamis (19/12/2019).(tok/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Surabaya
Minggu, 9 Agustus 2020
26o
Kurs