Minggu, 12 Mei 2024

Gubernur Jawa Timur Sampaikan 3 Pesan Jokowi, Saat Buka Rakerda HIPMI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pembukaan Rakerda HIPMI Jawa Timur di JW Mariott Hotel Surabaya. Foto: Istimewa

Di hadapan ratusan pengusaha muda se Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyampaikan 3 pesan Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, Selasa (16/7/2019) saat membuka Rakerda Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur di Surabaya.

“Pak Jokowi dua hari lalu (saat menyampaikan Visi Indonesia) menyebut ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi besar Indonesia, yaitu bersatu, optimistis, dan percaya diri. Ke 3 hal itulah yang akan mewujudkan negara yang berkeunggulan,” terang Khofifah.

Khofifah menambahkan, pesan dari Jokowi untuk bersatu, optimistis, dan percaya diri sangat relevan untuk semua kalangan, termasuk para pengusaha muda di Jawa Timur.

“Aspek-aspek tersebut yang akan mendorong kita untuk berinovasi, berprestasi, bersaing secara global,” papar Khofifah.

Ketua Muslimat NU itu juga menyebut besarnya tantangan ekonomi digital yang harus direspons agar anak-anak muda tetap bisa terlibat dalam perputaran ekonomi.

“Oleh karena itu, di Jatim kami bikin East Java Super Corridor (EJSC) dan Millennial Job Center yang mengembangkan potensi anak-anak muda dan UMKM. Di era gig economy ini, anak muda tidak mau terikat waktu kerja yang kaku tapi tetap bertanggung jawab. Jumlahnya besar sekali. Maka talent-talent muda itu kita siapkan, dan bahkan disambungkan dengan industri yang membutuhkan jasa mereka,” terang Khofifah.

Sementara itu disampaikan Mufti Anam Ketua Umum HIPMI Jawa Timur bahwa HIPMI Jatim siap berkolaborasi dengan Pemprov Jatim untuk terus melahirkan pengusaha muda baru.

Bahkan, Jatim bisa menjadi Provinsi Pengusaha Muda dengan indikator peningkatan jumlah pengusaha muda, regulasi yang mendukung lahirnya pengusaha muda, kolaborasi semua pihak di Jatim untuk melahirkan banyak wirausahawan baru, atau penguatan Millennial Job Center.

“Juga perlu dimasukkan kurikulum kewirausahaan ke seluruh sekolah di Jatim secara lebih terstruktur. Intensif masuk ke kampus-kampus menggelorakan kewirausahaan. Kebetulan pengembangan SDM anak muda dengan visi kewirausahaan itu nantinya akan selaras dengan program Presiden Jokowi terkait peningkatan SDM,” ujar Mufti Anam.

Acara pembukaan Rakerda HIPMI Jawa Timur, Selasa (16/7/2019) tersebut juga dihadiri Pangdam V Brawjiaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Wakapolda Jatim Brigjen Toni Harmanto, dan Forpimda Jatim lainnya.(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs