Kamis, 26 Mei 2022

Hari Anak Nasional 2019 di Prigen, Berikan Ruang Kreatif untuk Anak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tari Damar Kurung dimainkan pelajar SMPN 3 Gresik memeriahkan pentas seni Hari Anak Nasional 2019. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah atraksi seni dijadwalkan bakal ditampilkan di pentas Taman Safari, Prigen, Sabtu (27/7/2019) dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2019. Pentas seni digelar sebagai bentuk ruang apresiasi serta kreatifitas bagi anak-anak.

“Tentunya kami memberikan ruang bagi anak-anak untuk sebuah apresiasi, sekaligus itu ruang kreatifitas bagi mereka. Silahkan menampilkan karya-karya seni yang memang melibatkan anak-anak atau merupakan kreatifitas anak-anak. Namun demikian tentunya kami tetap melakukan seleksi untuk bisa tampil,” terang Taufik Hidayat Ketua DKJT.

Menurut Taufik, Jawa Timur punya berbagai kesenian yang juga dimainkan oleh sebagian besar anak-anak. Hal itu perlu digali lebih lanjut, sebagai bagian pengenalan sekaligus upaya-upaya untuk pelestarian seni tradisional.

“Dan pentas seni dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 tersebut, kami berikan untuk anak-anak. Seleksi kami lakukan di Taman Budaya Jawa Timur. Selanjutnya nanti mereka yang terpilih diharapkan mempersiapkan diri untuk penampilan di Taman Safari. Kami bekerja sama dengan sejumlah sanggar seni anak-anak, maupun sekolah,” ujar Taufik, Jumat (19/7/2019)

Sementara itu, kelompok tari SMPN 3 Gresik, dijadwalkan bakal ikut memeriahkan pentas seni peringatan Hari Anak Nasional 2019, dengan menghadirkan tari garapan berjudul Damar Kurung yang dimainkan para pelajar SMPN 3 Gresik.

Tari Damar Kurung sebelumnya merebut 3 predikat terbaik pada Gelar Tari Remaja (GTR) Nasional 2019 yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Jakarta gelaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, awal Juli 2019 lalu.

Budi Utami penanggung jawab tim tari SMPN 3 Gresik menyampaikan bahwa ketiga predikat terbaik yang berhasil diraih pada pementasan di Jakarta tersebut adalah penyaji terpilih, penari terpilih, dan penata tari (koreografer) terpilih.

“Seperti yang anda saksikan sendiri, Damar Kurung memang tampil unik. Konsep garapannya juga pas. Ini menjadi catatan sehingga kemudian tim kami dari SMPN 3 Gresik mampu meraih 3 predikat terpilih,” papar Utami.

Tentang persiapan untuk penampilan pada pentas Hari Anak Nasional 2019, Utami menambahkan bahwa anak-anak akan diberikan porsi latihan lebih agar tampil dengan lancar pada pementasan nanti.(tok/dwi)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 26 Mei 2022
26o
Kurs