Jumat, 19 April 2024

Jatim Jadi Rekor Koruptor, Kepala Daerah Gandeng KPK Perbaiki Sistem

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sebanyak 38 Bupati/Wali Kota dan Gubernur Jatim menandatangani komitmen bersama pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/2/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Sebanyak 38 Bupati/Wali Kota dan Gubernur Jatim menandatangani komitmen bersama pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komitmen ini sebagai respons maraknya pejabat korup di Jatim yang cukup besar akhir-akhir ini.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, sangat membutuhkan pengawalan dari KPK untuk memberantas korupsi di Jatim.

“Kami ingin mendapatkan pengawalan. Kami berharap dengan adanya penandatanganan ini, kemungkinan terjadinya korupsi di seluruh lini bisa kita antisipasi,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/2/2019).

Khofifah mengatakan, sebagai manusia, kadar keimanan seseorang memang bisa bertambah, juga bisa berkurang. Untuk itu, mengajak KPK hingga para kepala daerah untuk saling mengingatkan.

“Maka proses mengingatkan, proses penguatan dan kembali kita membangun komitmen, rasanya memang lebih banyak kita lakukan,” katanya.

Alexander Marwata Wakil Ketua KPK mengatakan, dirinya cukup prihatin melihat banyaknya kasus OTT kepala daerah yang terjadi di Jatim. Dari 20 kepala daerah yang tertangkap tangan secara nasional, 13 kepala daerah di antaranya dari Jatim.

“Di Jawa Timur ini ada 13 kepala daerah (yang terkena OTT). KPK paling banyak tahun 2018 kemarin kita melakukan 30 kali OTT dan 20 diantaranya melibatkan kepala daerah,” ujar Alexander.

Alexander mengakui capaian banyaknya OTT koruptor ini sebenarnya bukan merupakan suatu prestasi bagi KPK. Justru hal ini menjadi keprihatinan, karena merupakan tragedi yang tak diinginkan masyarakat yang sudah memberikan amanah kepala daerahnya.

“Kami di KPK ini sangat khawatir ketika melakukan OTT atau penindakan kepada kepala daerah, bukan suatu prestasi bagi kami. Tapi itu suatu tragedi bagi masyarakat yang dengan susah payah menghabiskan biaya banyak menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah,” kata Alexander.

Pada kesempatan itu, Alexander memberikan apresiasi kepada Gubernur hingga seluruh kepala daerah di Jatim. Meski beberapa kepala daerah sempat tertangkap OTT, namun ada itikad baik untuk memperbaiki sistem.

“KPK mengapresiasi komitmen Gubernur Jawa Timur, Bupati, Wali Kota, dan seluruh stakeholder untuk memperbaiki sistem dan membenahi tata kelola pemerintah di Jawa Timur,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs