Rabu, 26 Februari 2020

Jokowi Menunjuk 12 Staf Khusus untuk Membantu Tugas Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pramono Anung Seskab (di podium) dan Bahlil Lahadalia Kepala BKPM, memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden sudah memilih 12 orang dari berbagai latar belakang sebagai staf khusus, untuk membantu pekerjaannya lima tahun ke depan.

Pramono Anung Wibowo Sekretaris Kabinet mengatakan, dari 12 orang itu, ada lima orang nama lama, dan tujuh orang nama baru.

Salah seorang yang ramai disebut akan menjadi Staf Khusus Presiden periode 2019-2024 adalah Putri Tanjung anak perempuan Chairul Tanjung pengusaha sukses pemilik sejumlah unit usaha antara lain Trans Corp.

Mengenai nama-nama yang akan menjadi staf khusus Presiden, Pramono Anung menegaskan itu sepenuhnya kewenangan Jokowi.

“Ada 12 nama, lima nama lama, tujuh nama baru. Mengenai nama-nama itu sepenuhnya kewenangan Bapak Presiden,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Rencananya, hari ini 12 orang staf khusus Presiden akan diperkenalkan langsung kepada publik oleh Jokowi Presiden.

“Presiden akan segera mengumumkan nama-nama itu secara langsung. Mudah-mudahan akan diperkenalkan pada hari ini,” tegas Pramono Anung.

Sekadar informasi, staf khusus presiden adalah lembaga non struktural yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan tugas Presiden Republik Indonesia.

Para staf khusus akan melaksanakan tugas tertentu di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan Kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Periode 2014-2019, Jokowi Presiden punya 11 staf khusus yang dikoordinir oleh Teten Masduki. (rid/tin)