Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi Presiden Mengenakan Pakaian Adat Bali pada Upacara Peringatan HUT ke-74 RI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden didampingi Gibran Rakabuming anaknya, memakai pakaian adat jelang upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, sekitar pukul 9.10 WIB, tiba di Istana Merdeka Jakarta, jelang pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI).

Seperti tahun lalu, Presiden yang akan bertindak sebagai inspektur upacara, memakai pakaian adat daerah.

Pada acara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, Jokowi yang datang bersama Gibran Rakabuming Raka anaknya dan Jan Ethes cucunya, mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali.

Baju tradisional yang dipakai Presiden berwarna dasar hitam, berpadu dengan bordir warna emas, lengkap dengan ikat kepala warna emas dan keris yang terselip di pinggang kirinya.

Sementara, Gibran memakai baju putih polos dengan ikat kepala khas daerah Bali. Lalu Jan Ethes mengenakan pakaian khas Bali warna putih gading dan ikat kepala warna emas.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Komandan Kogasma Partai Demokrat yang memenuhi undangan juga mengenakan pakaian adat.

AHY yang datang bersama Anissa Pohan istrinya, memakai baju adat daerah Sumatera Barat.

Yang agak berbeda dari biasanya, adalah pakaian Ma’ruf Amin calon wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Kiai Ma’ruf yang datang bersama istrinya, kali ini memakai baju tradisional dengan bawahan celana, tidak memakai sarung.

Selain itu, Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan, Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri juga memakai baju adat.(rid/tin/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs