Jumat, 26 April 2024

Jumat Agung, Jangan Lupa Melayani Sesama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Membawa Salib Yesus keliling didepan umat menjadi satu diantara bagian dari perayaan misa Jumat Agung. Foto: Totok suarasurabaya.net

Perayaan misa Jumat Agung, Jumat (19/4/2019) umat diingatkan untuk mengasihi sesama, tetapi yang lebih penting lagi adalah mau melayani sesama manusia, seperti tauladan yang dicontohkan Yesus.

“Yesus menauladani manusia dengan melayani murid-muridnya, bahkan membasuh kaki murid-muridnya sebelum melaksanakan perjamuan terakhirnya. Lalu Yesus memanggul sendiri salibnya, kemudian wafat. Ini tauladan yang diberikan kepada kita semua untuk menjadi pelayan sesama manusia,” kata Romo Satriyo.

Misa Jumat Agung ditandai dengan membawa Salib Yesus berkeliling mengelilingi gereja. Umat menunggu Salib Yesus melintas lalu menundukkan kepala dan memberikan hormat serta tanda salib.

Setelah di altar, Romo sekali lagi mengangkat Salib Yesus lebih tinggi agar segenap umat yang berada didalam gereja dapat melihat Salib Yesus sebagai simbol bahwa Yesus sudah wafat di kayu salib.

Usia misa Jumat Agung, umat Katolik pada Sabtu (20/4/2019) menggelar misa Paskah dan dilanjutkan pada Minggu (21/4/2019) dengan misa Minggu Paskah.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs