Rabu, 8 Mei 2024

KPK Menangkap Bupati Kepulauan Talaud Diduga Terlibat Korupsi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum penyelenggara negara yang terindikasi melakukan tindak pidana korupsi.

Dalam operasi penindakan hukum yang berlangsung hari Senin (29/4/2019) sampai hari ini, Selasa (30/4/2019), di Jakarta dan daerah Sulawesi Utara, KPK sementara menangkap enam orang yang diduga terlibat.

Seorang di antaranya Sri Wahyumi Maria Manalip Bupati Kepulauan Talaud yang ditangkap di daerahnya. Sementara empat orang lain dari unsur swasta ditangkap di Jakarta.

Febri Diansyah Juru Bicara KPK mengatakan, penangkapan itu dilakukan sesudah ada indikasi transaksi (suap/gratifikasi) terkait pengadaan atau proyek di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam OTT itu, Tim KPK menyita tas, jam mewah dan perhiasan berlian yang nilainya ditaksir ratusan juta rupiah sebagai barang bukti.

Untuk kepentingan pemeriksaan, empat orang swasta yang ditangkap di Jakarta sudah dibawa ke Kantor KPK, Jakarta Selatan. Sedangkan dua orang lainnya termasuk Bupati Talaud dalam perjalanan menuju Jakarta.

Febri menegaskan, KPK punya waktu maksimal 24 jam untuk memeriksa orang-orang yang tertangkap, terhitung dari waktu penangkapan, kemudian menentukan status hukumnya. (rid/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
33o
Kurs