Kamis, 25 April 2024

Kampung Siaga Bencana di Pamekasan Dikukuhkan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pengukuhan Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Pamekasan oleh Sekretaris Provinsi Jawa Timur. Foto: Antara.

Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Jatim mengukuhkan kampung siaga bencana di Kabupaten Pamekasan, Sabtu (3/8/2019), sebagai upaya mewujudkan terciptanya tatanan masyarakat yang tangguh bencana.

“Di Jawa Timur sudah ada 34 Kampung Siaga Bencana, dan di Kabupaten Pamekasan merupakan ke-35 di Jawa Timur,” kata Heru Tjahjono Sekretaris Provinsi Jawa Timur saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuhan itu.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Indeks Risiko Bencana Indonesia, Pamekasan termasuk peringkat ke-115 dari total 496 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk kategori berisiko bencana tinggi dengan skor 180.

Oleh karenanya, sambung dia, maka dipandang perlu membentuk Kampung Siaga Bencana sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsigaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Anggaran operasional pembentukan kampung siaga bencana ini, dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Pamekasan,” katanya dilansir Antara.

Sementara itu, Baddrut Tamam Bupati Pamekasan menjelaskan, Kampung Siaga Bencana di Pamekasan ini terdiri dari 3 kelurahan dan satu desa.

“Masyarakat yang masuk kawasan Kampung Siaga Bencana ini mendapatkan pelatihan khusus tentang wawasan dasar penanggulangan, yang mungkin saja terjadi pada saat tertentu,” katanya.

Kampung Siaga Bencana dibentuk di Kecamatan Pamekasan, karena wilayah itu, termasuk rawan bencana berupa banjir saat musim hujan.

Dalam kesempatan itu, juga dipentaskan simulasi penanganan bencana, seperti teknik evakuasi, penentuan titik kumpul korban bencana, hingga proses evakuasi dan penanganan pascabencana. (ant/bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs