Selasa, 23 April 2024

Kemenkominfo Siapkan Akses Internet di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pemandangan di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Foto: Antara

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan akses internet di tujuh destinasi pariwisata baru, salah satunya adalah Taman Nasional romo Tengger Semeru di Jawa Timur, sebagai implementasi digitalisasi sektor pariwisata Indonesia.

“Tanpa akses internet tentu akan menyulitkan pemerintah dalam mempromosikan keindahan di destinasi wisata baru ini,” kata Niken Widiastuti Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, usai membuka “Festival TIK 2019” di Pangkalpinang, Sabtu (24/11/2019).

Ia mengatakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengeluarkan 10 destinasi wisata baru di Indonesia. Selain di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada juga Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten.

Selanjutnya Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

“Saat ini tujuh dari 10 destinasi wisata baru tersebut sedang dalam proses pembangunan infrastruktur akses internet, sehingga pemerintah daerah mudah mempromosikan pariwisatanya secara daring,” ujarnya dilansir Antara.

Menurutnya, pariwisata tanpa akses internet tentu akan menyulitkan daerah untuk mempromosikan dan wisatawan juga tidak bisa mengetahui secara detail wilayah tersebut.

Oleh karena itu, Kemenkominfo sekarang ini sedang dalam proses untuk bisa menyiapkan akses internet di berbagai daerah wilayah wisata tersebut.

“Infrastruktur sudah disiapkan dan Kemenkominfo mengajak masyarakat untuk memanfaatkan akses internet tersebut dengan sebaik-baiknya,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs