Minggu, 28 April 2024

Konghucu Kekurangan Guru Agama

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Umat Konghucu masih kekurangan guru agama sehingga siswa dengan keyakinan tersebut belum kunjung mendapatkan pendidik yang sama dengan agama yang dianutnya.

“Sarjana agama Konghucu yang harus mengajar agama Konghucu untuk siswa-siswi sekolah belum ada,” kata M Mudhofir Kepala Pusat Pembinaan dan Pendidikan (Pusbindik) Konghucu Kementerian Agama seperti dilansir Antara, Selasa (5/2/2019).

Dia mengatakan setiap murid harus mendapatkan guru agama yang seagama sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007.

Regulasi tersebut, kata dia, mengatur tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Dalam PP itu mengamanatkan agar pendidikan agama dan keagamaan siswa diajar oleh guru yang seagama. Hanya saja kondisi obyektif saat ini guru Konghucu sangat langka dan harus dicari solusi atas hal itu.

Beberapa waktu belakangan, dia mengatakan Kemenag telah menjalin kerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah untuk mendidik sejumlah calon guru agama dan keagamaan Konghucu, termasuk untuk tingkat Strata 2 atau magister.

“Sekolah tinggi Konghucu belum ada. Kuncinya harus ada sekolah tinggi. Maka tahun kemarin sampai tahun ini kami programkan prioritas di Konghucu untuk mendirikan sekolah tinggi,” kata dia.

Mudhofir mengatakan guna mencetak para guru agama Konghucu harus ada lembaga pendidikan setingkat sekolah tinggi tempat mendidik calon sarjana. Salah satu unsur penting sekolah tinggi adalah para pengajar setingkat magister yang mendidik para calon sarjana pendidikan agama Konghucu.

“Mereka kami beri beasiswa S2 di UIN sehingga nantinya dari mereka bisa menjadi bagian pengajar di program pendidikan agama dan prodi agama Konghucu di Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri yang sedang dirintis,” kata dia.

Dia mengatakan saat ini terdapat 16 orang magister pendidikan agama dan agama Konghucu yang siap untuk mengisi jajaran sekolah tinggi. Kendati demikian, masih terdapat kendala yaitu dari penjajakan peminat prodi agama dan pendidikan agama Konghucu masih sedikit.

“Peminat yang mau juga susah. Kita ada peluang tapi tidak ada yang daftar, sepi peminat. Kebanyakan mereka bukan ambil prodi agama dan pendidikan agama Konghucu tapi ambil jurusan lain. Ini harus ada upaya lebih, dengan kesabaran dan ketelatenan,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs