Sabtu, 23 Januari 2021

Lebaran, PMI Surabaya Tetap Membuka Layanan Donor Darah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyimpanan stok persediaan darah di kantor UTD PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya memastikan tetap memberikan layanan kepada masyarakat, termasuk untuk keperluan mendonorkan darah pada Hari-H Lebaran 2019, Rabu (5/6/2019), dan H+1 Lebaran, Kamis (6/6/2019).

“Kami tetap membuka layanan untuk kebutuhan darah, juga untuk mendonorkan darah. Selama Lebaran kami tetap buka seperti biasa. Masyarakat yang ingin mendonorkan darah bisa datang ke kantor UTD PMI Surabaya pada jam kerja,” kata Triksi Hendria Humas UTD PMI Surabaya, Selasa (4/6/2019).

“Petugas kami tetap bekerja pada Lebaran 2019 ini. Karena itu silahkan langsung datang. Prosedurnya juga tetap sama.”

Prosedur yang dimaksud Triksi, bahwa setiap pendonor darah yang akan mendonorkan darahnya tetap melalui tahapan-tahapan seperti biasa mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pemeriksaan jenis darah.

Sementara itu terkait persediaan stok darah selama Lebaran 2019 ini, Triksi menyampaikan bahwa persediaan darah masih aman. “Kami memang sudah melakukan prosedur sesuai kebutuhan, untuk menjaga stok darah selama Ramadhan dan Lebaran,” tambah Triksi.

Sejak memasuki Ramadhan, UTD PMI Surabaya memang sudah melakukan sejumlah upaya menjaga stok darah. Berdasarkan catatan pada tahun sebelumnya, setiap Ramadhan terjadi penurunan jumlah pendonor darah.

“Ramadhan stok persediaan darah kami selalu menghalami penurunan lantaran jumlah pendonor juga menurun. Oleh karena itu kami melakukan jemput bola dengan menggelar beberapa titik donor darah seperti di taman Bungkul, agar perolehan darah tetap aman untuk menjaga ketersediaan stok darah,” kata Triksi. “Alhamdulillah stok persediaan darah kami aman. Tapi kami tetap membuka layanan donor darah selama Lebaran.”(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Sabtu, 23 Januari 2021
27o
Kurs