Sabtu, 27 April 2024

Pameran Dagang di Auckland Digelar Jelang Pacific Exposition

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru (tengah). Foto: Istimewa

Pertama kalinya Indonesia hadir di antara negara-negara Pasifik dalam pameran dagang bertajuk Path to Pacific 2019. Hampir semua negara-negara di Pasifik Selatan berpartisipasi melalui perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Pameran yang berlangsung di The Cloud, Auckland, Sabtu (6/4/2019) lalu ini cukup menarik minat masyarakat meski hujan turun sejak pagi.

“Sebagai bagian dari Pasifik, sangat relevan Indonesia berpartisipasi di pameran tahunan yang sudah berlangsung empat kali ini,” jelas Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga dalam pesan singkatnya, Senin (8/4/2019).

Dalam pameran ini, Indonesia yang diwakili oleh KBRI Wellington menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan Pacific Exposition 2019 yang akan berlangsung tanggal 12-14 Juli di Auckland. Pacific Exposition sendiri adalah pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik Selatan yang diinisiasi oleh Indonesia dan didukung sepenuhnya oleh Selandia Baru dan Australia.

Michael Greenslade, chairman dari Pacific Trade and Investment yang menyelenggarkan Path to Pacific sangat mengapresiasi partisipasi Indonesia di pameran ini. Menurut Greenslade keikutsertaan Indonesia sebagai negara terbesar di Pasifik menunjukkan keseriusannya untuk berinteraksi dengan negara-negara di kawasan ini.

“Pasifik harus memanfaatkan momentum ini,” jelas Greenslade.

Dengan masuknya Indonesia, Pasifik Selatan akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya tambahan penduduk dan penguatan ekonomi. Kawasan ini akan menjadi pasar menguntungkan yang dihuni oleh 300 juta jiwa dengan GDP 2.6 Triliun Dollar Amerika.

“Ini pasar masa depan yang harus dimanfaatkan oleh seluruh negara di kawasan ini,” tegas Greenslade.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs