Rabu, 24 April 2024

Pemulihan Ekonomi Diprediksi Berjalan Gradual Pada 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sri Mulyani Menkeu bersiap mengikuti rapat terbatas tentang ketersediaan anggaran dan pagu indikatif tahun 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/4/2019). Pemerintah akan mengupayakan penganggaran dan alokasi APBN 2020 memberikan stimulus pada pertumbuhan ekonomi. Foto: Antara

Krizia Maulana Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia memprediksikan pemulihan ekonomi Indonesia akan berjalan secara gradual pada 2020.

“Diharapkan pemulihan ekonomi terjadi seiring meredanya ketegangan antara AS dan China,” ujar Krizia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Menurut Krizia, pelonggaran fiskal yang relatif tidak terlalu agresif oleh pemerintah, mengingat defisit fiskal dibatasi di bawah 3 persen, menyebabkan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi domestik juga relatif terbatas.

Selain itu, peningkatan daya saing, khususnya untuk area nonkomoditas menjadi sangat krusial untuk meningkatkan investasi yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih tinggi lagi.

“Salah satu tantangan bagi ekonomi Indonesia ke depannya, masih seputar defisit pada neraca berjalan. Khususnya di saat ini, ketika penanaman modal asing atau Foreign Direct Investment (FDI) belum bisa menutupi atau membiayai dari defisit pada neraca berjalan ini,” kata Krizia dilansir Antara.

Sepanjang tahun ini sampai akhir November 2019, pasar saham Indonesia mencatatkan penurunan sebesar 2,95 persen. Kinerja pasar saham Indonesia, kalah unggul jika dibandingkan negara kawasan Asia lainnya, disebabkan oleh pertumbuhan pendapatan yang relatif lemah tahun ini.

Dari pasar obligasi, pasar obligasi Indonesia mencatatkan kenaikan sebesar 13,6 persen sampai dengan akhir November 2019. Hal tersebut didorong oleh imbal hasil real yield yang cukup tinggi, dan juga kebijakan moneter akomodatif bank sentral global.

Bank Indonesia tahun ini sudah menurunkan suku bunga sebanyak empat kali. Rupiah bergerak relatif stabil, rata-rata perdagangan tahun ini di kisaran Rp14.153 per dolar AS.

“Diharapkan, percepatan reformasi kebijakan, stabilitas politik dan perbaikan earning perusahaan dapat mendorong sentimen investasi untuk pasar keuangan Indonesia,” ujar Krizia.

Dari pasar global, salah satu yang menjadi fokus utama pasar masih seputar perkembangan konflik dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China dan upaya pemerintah serta bank sentral lewat stimulus fiskal dan kebijakan moneter akomodatif untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Laporan terkini menunjukkan bahwa data pertumbuhan ekonomi dan sektor tenaga kerja AS masih tetap positif.

Dari Eropa, meski ekonomi masih berada dalam fase konsolidasi, namun mulai ada sinyal stabilisasi. Sektor manufaktur Euro Zone di November meningkat ke level 46,9 dari bulan sebelumnya 45,9, ditopang oleh perbaikan dari Jerman dan Perancis.

Sinyal stabilisasi pada sektor manufaktur juga terlihat di China. Dimana sektor manufaktur di China untuk November, bangkit ke level 50,2 yang merupakan level tertinggi sejak Maret 2019.

“Harapannya, terciptanya kesepakatan dagang dan masih ada ruang bagi bank sentral di kawasan Asia dan negara berkembang untuk menurunkan suku bunga, dapat mendorong sentimen investasi untuk pergerakan pasar finansial bagi di Asia maupun negara berkembang,” ujar Krizia.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs