Minggu, 19 Mei 2024

Pencarian Keluarga Ria Riskindari Akhirnya Menemukan Titik Terang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ria Riskindari perempuan yang mengaku warga Surabaya tapi lama tinggal di Nias, Sumatera Utara. Foto: akun Anis Marcelline Waruwu

Pencarian keluarga Ria Riskindari perempuan yang mengaku warga Surabaya tapi lama tinggal di Nias, Sumatera Utara akhirnya menemukan titik terang.

Berawal dari postingan viral akun Anis Marcelline Waruwu yang juga diposting beberapa netter ke akun e100 pada Rabu (7/8/2019) malam, Anis yang dihubungi redaksi, meminta bantuan siapapun yang mengenal perempuan atas nama Ria Riskindari (21) yang mengaku pernah tinggal Jalan Pacar Keling gang VI No.46a Surabaya.

Kata Anis, Ria yang ditinggal suaminya dari 4 bulan ini sedang dalam kondisi hamil 7 bulan dan punya anak usia 5 tahun. Saat itu Ria berada di Pulau Nias dan ingin pulang ke Surabaya namun Ria tidak memiliki kontak keluarganya. Selama ditinggal suaminya, Ria ditampung di asrama Kodim Nias.

“Ria sudah lama tinggal di Gunung (kepulauan Nias), beberapa bulan ini ditinggal suaminya selingkuh padahal lagi hamil, lalu dia minta pulang saja ke Jawa. Kata mertuanya dia ga tahan menderita disini. Keluarga kami sempat bertemu waktu ada pesta penikahan di gunung. Itu sudah lama, dan baru-baru ini menghubungi kami untuk minta dipulangkan, jadi kami tampung sementara,” kata Ibu Sri, Ibunda Anis yang berasal dari Nganjuk Jawa Timur.

“Sebagai sesama perantauan saya kasian, apalagi hamil sudah 7 bulan. Melahirkan disini gimana mbak, saya mau saja membelikan tiket pulang tapi kan alamat gak jelas dan tidak punya KTP. Dia cuma bawa surat nikah,” tambah Sri yang dihubungi via telephone.

Menurut Sri, kondisi Ria sedikit tertekan sehingga sulit diajak berkomunikasi tentang beberapa data, misalnya siapa kawan kecil atau saudara dari Ria, wanita berusia 21 ini sama sekali tidak ingat.

Informasi tentang Ria, direpost admin e100 dan mendapat respon netter yang berada di Surabaya. Tidak sedikit netter yang langsung menuju ke alamat tersebut. Sayangnya, banyak netter yang merespon bahwa alamat yang didatangi tidak ada.

Informasi ini pun sampai ke pihak Pemerintah Kota Surabaya yang langsung menerjunkan tim Linmas untuk melakukan pengecekan ke lokasi. Dari sini, tim admin e100 langsung berkoordinasi dengan tim Command Center Surabaya untuk menelusuri kebenaran alamat yang dimaksud.

Malam itu juga, tim Linmas Pemkot Surabaya langsung menelusuri ke alamat yang tertera di buku nikah kakak Ria. Meski sempat mengalami kesulitan menelusuri alamat yang dimaksud, akhirnya Linmas berhasil menemukan alamat keluarga Ria yakni kakak Ria setelah bertanya pada pihak RT RW setempat.

Kemudian, kakak Ria mengantarkan Tim Linmas bertemu dengan ibunda Ria yang ternyata tinggal di kawasan Benowo setelah menikah dengan suaminya 6 tahun lalu.

Ardi petugas Command Center Surabaya mengatakan, ibunda Ria sudah melakukan video call dengan Ria pada Rabu (7/8/2019) malam. Dan saat ini pihak Dinas Sosial Kota Surabaya sudah mendatangi ibunda Ria terkait pemulangan Ria ke Surabaya.

Sementara Anis Marcelline Waruwu pelapor awal mengatakan, saat ini keluarganya sedang berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk pemulangan Ria Riskindari. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs