Selasa, 30 April 2024

Polri Sebut Kerusuhan Dini Hari di Jakarta Peristiwa By Design

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sejumlah mobil terbakar akibat kerusuhan yang terjadi pada Rabu (22/5/2019) dini hari di Jakarta. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Irjen Pol Muhammad Iqbal Kadiv Humas Mabes Polri menyebut kerusuhan massa yang terjadi pada Rabu (22/5/2019) dini hari merupakan peristiwa by design atau tidak terjadi secara spontan. Ini dikatakan Irjen Pol Iqbal ketika memberikan keterangan pers di Media Center Menkopolhukam RI, Jakarta.

Ia menyebut massa aksi yang berdemonstrasi pada Selasa (21/5/2019) pagi hingga selepas Tarawih di depan Kantor Bawaslu merupakan massa yang berbeda dari massa aksi pada Rabu (22/5/2019) dini hari yang berujung kericuhan. Massa ricuh tersebut dikatakan Iqbal berasal dari luar Jakarta, seperti Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

“Ada bukti satu ambulan dengan logo partai penuh dengan batu dan alat-alat. Setelah kami geledah (massa aksi, red) ada amplop berisi uang sudah kami sita,” ujar iqbal pada Rabu (22/5/2019).

Ia juga menyebut, kepolisian juga menemukan bom molotov pada rombongan dari Jawa Timur yang terindikasi akan berangkat ke Jakarta. Ia menegaskan kembali, massa aksi ini berbeda dengan massa aksi damai.

“Tapi massa yang menginginkan insiden anarkis dan dini hari sudah kami amankan. Ada berbagai indikasi massa bayaran yang dengan sengaja menciptakan rusuh,” katanya.

Saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan pendalaman terkait insiden ini. Iqbal mengaku Polri mempunyai strategi dan sangat profesional untuk membuktikan adanya kesengajaan usaha pelanggaran hukum pada aksi berujung ricuh di Rabu dini hari. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs