Sabtu, 20 April 2024

Prajurit Brigif 2 Marinir Gelar Upacara Sumpah Pemuda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prajurit Brigif 2 Marinir gelar upacara hari Sumpah Pemuda tahun 2019. Foto: Dispen Kormar

Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Brigif 2 Marinir melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (28/10/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS di jajaran Brigif 2 Marinir tersebut dipimpin langsung oleh Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Brigif 2 Mar Letkol Marinir Beni Rahim selaku Inspektur upacara dan sebagai Komandan Upacara Lettu Marinir Presly.

Pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut, diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, serta pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Serda Mar Tanjung.

Dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema: Bangun Pemuda Satukan Indonesia tersebut juga dibacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zaenudin Amali.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga Persatuan dan Kesatuan Negeri ini.

Upacara hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema: Bangun Pemuda Satukan Indonesia, lanjut Zaenudin tema tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Disampaikan pula oleh Menpora bahwa Pemuda hebat Indonesia telah hadir dan mampu berkompetisi dalam kancah Asia, terlihat pada perhelatan Asean Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia dan berhasil menduduki peringkat ke 4 dan di ajang peringkat Asean Para Games, atlet Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 5.

“Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia, serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidang,” tegas Menpora pada sambutan tertulisnya.

Pada akhir sambutannya Menpora menyampaikan bahwa, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan Tanah Air tercinta di kancah dunia.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs