Jumat, 26 April 2024

Ratusan Warga Desa Baujeng Demo dan Blokir Jalur Utama Pandaan-Beji

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ratusan warga Desa Baujeng, Beji, Pasuruan berunjuk rasa dengan menutup total jalur utama Pandaan-Beji, Senin (7/10/2019) pagi. Foto: Harsoyo via e100

Ratusan warga Desa Baujeng, Beji, Pasuruan berunjuk rasa dengan menutup total jalur utama Pandaan-Beji, Senin (7/10/2019) pagi. Aksi unjuk rasa dilakukan di balaidesa Baujeng sampai jembatan Sungai Tanggul.

Ipda Gede Sukana Kanit Lantas Polsek Beji mengatakan, aksi ini memprotes salah satu pabrik yang diduga membuang limbah dan mencemari sungai yang ada di sekitar Desa Baujeng.

“Pencemaran ini sebenarnya sudah terjadi beberapa bulan lalu. Termasuk 1 minggu kemarin warga Desa Baujeng sudah melakukan aksi unjuk rasa. Sebelumnya juga sudah ada pertemuan pihak pabrik dengan Muspika, Kapolsek, Danramil, Camat namun belum ada titik temu,” kata Gede Sukana pada Radio Suara Surabaya.

Saat ini, kata Gede, warga masih menutup jalur dua arah dan melakukan aksi bakar ban di lokasi. “Ini sebenarnya aksi spontanitas jadi warga ada yang membawa ban yang sampai dibakar di tengah jalan,” ujar dia.

Dengan ditutupnya jalur utama Pandaan-Beji, Gede mengatakan, pihaknya melakukan pola pengaturan lalu lintas di lokasi.

Kata Gede, kendaraan dari Pandaan ke Bangil bisa melalui jalur tol Sidowayah. Sedangkan untuk warga yang berdekatan dengan lokasi diarahkan lewat tiga titik jalan kampung sepanjang jalan Sidowayah.

“Kami menempatkan anggota di tiga titik ini yang bertugas mengarahkan pengguna jalan,” ujarnya.

Saat ini, tambah dia, pihak Muspika, Camat, Danramil, Kapolsek Beji masih berupaya negosiasi dengan pihak pabrik. “Semoga segera ada titik temunya nanti,” pungkasnya. (dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs