Sabtu, 20 April 2024

Roadshow Millennial Road Safety Festival Upaya Tekan Angka Kecelakaan yang Didominasi Kaum Muda

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Para pemudik Lebaran 2017 yang menggunakan kendaraan roda dua saat melintasi Jembatan Suramadu. Foto: Dok suarasurabaya.net

Saat ini, angka kecelakaan masih didominasi oleh kaum muda. Berdasarkan data dari Polrestabes Surabaya, dari 1.191 kejadian, sebanyak 645 kasus melibatkan masyarakat berusia 15-35 tahun, dimana 55 orang diantaranya meninggal dunia.

Atas keresahan itulah, Polrestabes Surabaya menggelar kampanye tertib berlalu lintas dalam bentuk Millennial Road Safety Festival, di Monumen Polisi Istimewa, Surabaya, Minggu (10/3/2019) mendatang. Sehingga, kegiatan Car Free Day (CFD) akan dilakukan lebih awal, yakni pukul 04.45 WIB akan dilakukan penutupan jalan.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi dari tingginya angka kecelakaan yang didominasi orang usia 15-35 tahun. Sayang sekali, karena mereka berada di usia produktif, harapan keluarga, tulang punggung keluarga. Makanya kita ajak masyarakat semua tertib lalu lintas agar tidak menjadi korban kecelakaan selanjutnya,” kata AKBP Eva Guna Pandia Kasatlantas Polrestabes Surabaya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (6/3/2019).

Menurutnya, selama ini Polrestabes Surabaya gencar melakukan sosialisasi terhadap semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas. Mulai dari pelajar, karyawan, sopir ojek, sampai di tempat karaoke.

Menurut AKBP Pandia, tempat hiburan tak kalah penting untuk diberikan arahan kesadaran berkendara karena kecelakaan di dini hari masih tergolong tinggi. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat yang dalam keadaan mabuk, jangan dulu menyetir dan bisa menggunakan jasa orang lain.

“Kita sentuh semuanya sampai tempat karaoke sampai pemandunya, karena kecelakaan saat subuh atau dini hari kebanyakan orang-orang yang dari tempat hiburan, makanya kita imbau kalau sudah dalam keadaan mabuk jangan menyetir,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya acara Millennial Road Safety Festival ini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin tinggi, sehingga angka kecelakaan dapat ditekan. Terlebih untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan dalam mengemudi.

Dalam acara ini, masyarakat disarakan untuk datang lebih awal karena ada pembagian kupon doorprize sebelum acara dimulai. Doorprize yang disediakan dalam acara yang dihadiri Yovie n The Nuno ini mulai dari 10 unit motor, smartphone, televisi, sepeda gunung dan lain sebagainya.

Tidak hanya di Monumen Polisi Istimewa, puncak acara roadshow Millennial Road Safety Festival juga akan digelar pada Minggu (17/3/2018) yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Timur. Acara tersebut akan membagikan doorprize 1 mobil, 10 unit motor dan lain sebagainya, serta dimeriahkan oleh penyanyi Via Vallen. (tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs