Kamis, 13 Juni 2024

Sejumlah Pendaki di Gunung Raung Terjebak Kebakaran Lahan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Gunung Raung terlihat dari Kebun Kalisat Jampit, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (9/8/2019). Foto: Antara

Sejumlah pendaki terjebak kebakaran lahan di jalur pendakian Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (4/10/2019).

“Kami mendapatkan informasi petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di Kecamatan Kalibaru pada pukul 19.30 WIB, mengenai pendaki di Gunung Raung yang terjebak akibat kebakaran lahan,” kata Eka Muharram Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi saat dihubungi di Banyuwangi, Jumat malam.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pengecekan melalui satelit, diketahui bahwa titik kebakaran diperkirakan berada di Pos 4, Pos 5, Pos 6, dan Pos 7 jalur pendakian Gunung Raung.

Menurut Eka, kebakaran lahan di Gunung Raung yang menyebabkan sejumlah pendaki terjebak itu masuk dalam koordinat wilayah Bondowoso.

“Namun, yang terpenting adalah untuk mengevakuasi pendaki yang terjebak kabakaran lahan tersebut. Dan pendaki yang terjebak juga bisa komunikasi dan menyampaikan jika kondisi mereka masih aman dan posisi mereka berada di Pos 9 saat ini,” kata Eka kepada Antara.

Eka menambahkan, kondisi para pendaki masih aman berada di Pos 9, dan logistik mereka juga disampaikan masih tersedia.

“Sementara informasi yang kami terima ada tujuh orang pendaki yang terjebak kebakaran lahan di Gunung Raung dan kami masih belum memperoleh nama-nama pendaki yang terjebak,” ujarnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
25o
Kurs